Previous Next

Perjalanan Menuju Guru Besar: Kisah Sukses Prof Dr Nanang Saiful Rizal dalam Pengembangan Teknik Sumber Daya Air di Universitas Muhammadiyah Jember

     Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) menggelar acara Rapat Terbuka Senat Pengukuhan Guru Besar untuk Prof Dr Nanang Saiful Rizal ST MT IPM Bidang Ilmu Teknik Sumber Daya Air di Gedung Ahmad Zainuri, Rabu, (31/1/2024).

     Dihadiri oleh Prof Achmad Jainuri PhD, Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Dr Indah Kusuma Hidayati MT, Kepala Satker Atab BBWS Brantas, beliau resmi dikukuhkan sebagai guru besar pertama oleh Dr Hanafi MPd, Rektor Unmuh Jember.

     Dalam sambutannya, Jainuri berujar betapa pentingnya mendukung dosen untuk meraih gelar Profesor. Pencapaian yang telah dilakukan oleh Prof Nanang Saiful Rizal hendaknya menjadi motivasi dan memicu semangat bagi para akademisi yang lain. “Saya yakin bahwa Unmuh Jember akan mendukung penuh giat dosen lain untuk menyandang gelar profesor.

     Pencapaiannya sejak tahun 2010 mengabdi di Unmuh Jember, Prof Nanang Saiful Rizal telah banyak menorehkan serta menduduki jabatan penting, salah satunya sebagai Reviewer Internasional dan menerbitkan sejumlah buku tentang Teknik Sumber Daya Air.

     Ia menjelaskan bahwa ketertarikannya dalam bidang tersebut bermula dari pilihan program studi ketika kuliah S1. Bidang tersebut ia geluti hingga banyak hal yang diraihnya.

     Beberapanya termasuk pengembangan kincir air portable untuk irigasi pedesaan yang mengantarkan mahasiswa Unmuh Jember meraih prestasi di Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS), serta berbagai inovasi lainnya seperti pintu air irigasi modular berbahan beton ringan yang membawa Kabupaten Jember meraih juara nasional. Prof. Nanang juga terlibat dalam pengembangan instalasi air minum sistem reverse osmosis yang menjadi salah satu amal usaha milik Universitas Muhammadiyah Jember, Moyamu.

     Berbagai prestasi ini membuatnya dipercaya oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi sebagai reviewer nasional hibah riset & pengabdian DIKTI dan beberapa jurnal internasional terindeks scopus. Selain itu, beliau juga telah menulis beberapa buku dan memiliki beberapa hak paten teknologi.

     Sebagai seorang akademisi, beliau aktif dalam mengaplikasikan ilmunya untuk kepentingan riset dan masyarakat luas. Tak hanya untuk literasi para akademisi tetapi harus bisa memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat luas.

Search