Previous Next

Unmuh Jember bersama Kementrian PUPR Kolaborasi Bangun Rusunawa: Targetkan Selesai Tahun Ini

     Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Gedung Rusunawa Mahasiswa Unmuh Jember. Groundbreaking tersebut digelar di depan Gedung Fakultas Agama Islam (Gedung G) yang terletak pada bagian belakang kampus Unmuh Jember, pada Selasa (09/01/2024). Pembangunan Rusunawa Mahasiswa ini merupakan hasil kolaborasi antara Unmuh Jember dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR).

     Pada sambutannya, Kepala Subbagian Umum Tata Usaha BP2P Jawa IV Ali Murtadho, S,Sos, yang mewakili Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa IV, memaparkan gambaran rinci tentang Bangunan Rusunawa Unmuh Jember 3 lantai dengan segala perlengkapan dan fasilitasnya.

     Rusunawa Unmuh Jember dirancang berkapasitas 168 orang dengan 82 unit tempat tidur susun, 82 unit lemari atas bawah, 168 unit meja dan kursi belajar dan fasilitas tambahan untuk mahasiswa difabel siap diselesaikan dengan estimasi 210 hari (7 bulan).

     Dirinya juga menyampaikan bahwa Rusunawa Unmuh Jember bertujuan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi yang layak dan sehat.

     “Semoga pembangunan ini dapat berjalan sesuai dengan prinsip 7T: Tepat Mutu, Tepat Waktu, Tepat Biaya, Tepat Administrasi, Tepat Manfaat, Tanpa Temuan dan Tanpa Pengaduan” jelasnya.

     Syamsul Hadi M,P, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unmuh Jember menjelaskan bahwa pembangunan rusunawa mahasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan layanan Unmuh Jember dalam membantu mahasiswa untuk mendapatkan hunian yang layak selama proses perkuliahan, mengingat untuk menghuni rusunawa tersebut tidak dikenakan biaya sewa.

     “Jadi untuk rusunawa mahasiswa sendiri biaya sewanya gratis, namun untuk operasional seperti kebersihan, air, & listrik tetap kita bebankan ke mahasiswa namun yang perlu ditekankan adalah biaya tersebut nominalnya kecil jika dibandingkan sewa di tempat hunian yang lain”. tuturnya.
 
     Selain itu, dirinya juga mengklasifikasikan target penghuni rusunawa mahasiswa terdiri dari mahasiswa baru yang berasal dari luar daerah yang secara finansial berasal dari keluarga menengah ke bawah namun memiliki potensi akademik & non-akademik.

     “Setelah satu tahun mahasiswa menghuni rusunawa tersebut, akan kami evaluasi kembali dinilai berdasarkan prestasi akademik, dan juga prestasi non-akademik dari individu mahasiswa”. tegasnya.

     Prof, Dr, Aminullah Elhady, M,A, Ketua Badan Pembina Harian Unmuh Jember menyampaikan pembangunan rusunawa ini sejalan dengan cita-cita Unmuh Jember sejak 8 tahun yang lalu.

     "Keinginan untuk membangun rusunawa ini sudah ada sejak 8 tahun lalu dengan harapan dapat menjadi tempat yang membina mahasiswa menjadi pribadi yang lebih baik", harapnya.

     Selain itu, dikarenakan pembangunan ini berkolaborasi dengan banyak pihak, Rektor Unmuh Jember Dr, Hanafi, M,Pd, pada sambutannya mengucapkan rasa terima kasih terhadap kerja sama berbagai pihak.

     “Terima kasih PUPR, donatur dan seluruh pihak Unmuh Jember yang turut menyukseskan pembangunan”, ungkapnya.

     Turut mendampingi, peresmian ini juga dihadiri oleh Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Timur, Aditya Viko Vignata, S,T, M,T, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Susun II, Alfanita Exacty Okterina, S,T, Konsultan Manajemen Rusunawa Unmuh Jember, Direktur PT. Asta Kencana Arsimetama, Direktur PT Kana Harapan Jaya, Wakil Rektor, Jajaran Dekan dan Pelaksana serta Pengawas Pembangunan Rusunawa Unmuh Jember.

Search