Previous Next

Pelaksanaan Reboisasi Bersama Muspika Masyarakat Dan Mahasiswa KKN UM Jember Di Desa Sukosari

KKN Tematik kelompok 01- Universitas Muhammadiyah Jember pada hari jumat, 18 Agustus 2023. Melakukan kegiatan Reboisasi bersama Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan) dan warga yang dilaksanakan di pinggir jalan depan Polsek Kec. Kunir, Desa Sukosari. Kegiatan ini merupakan langkah yang sangat positif dalam upaya pelestarian lingkungan dan rehabilitasi hutan.

Reboisasi merupakan pelaksanaan penghijauan kembali agar alam menjadi hijau dan biasanya dilakukan di hutan yang sudah menjadi gundul agar berfungsi sebagaimana mestinya dan dapat mencegah polusi yang menyebabkan pencemaran lingkungan. Reboisasi ini memiliki fungsi sebagai penyimpanan cadangan air dan pelindung manusia dari bencana alam seperti banjir dan longsor. Dengan kedatangan mahasiswa kkn ini dapat membantu melancarkan pelaksanaan reboisasi.

 Kegiatan ini sangat penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan adalah dengan melakukan pelestarian lingkungan. Reboisasi ini memiliki manfaat diantaranya sebagai paru-paru kota, dimana pada pertumbuhannya menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan untuk pernapasan makhluk hidup. Manfaat ini sebagai pengatur lingkungan, karena vegetasinya akan menimbulkan hawa lingkungan setempat yang sejuk dan nyaman.

Reboisasi, meskipun memiliki tujuan yang baik untuk mengembalikan ekosistem yang rusak dan menjaga keberlanjutan lingkungan, seringkali dihadapan pada beberapa permasalahan yang perlu diperhatikan dan diatasi. Beberapa permasalahan waktu melakukan reboisasi yaitu kekeringan dan kehilangan bibit, kurangnya perawatan pasca penanaman.

Dalam kegiatan kolaborasi bersama Muspika ini dapat menghasilkan hasil yang lebih baik dan berkelanjutan. Muspika ini dapat membantu dalam penyediaan dukungan logistik seperti bibit pohon, peralatan penanaman dan sumber daya lainnya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, mengurangi dampak negatif perubahan iklim, serta memperbaiki kualitas udara dan keindahan visual di wilayah tersebut. Penghijauan ini kami lakukan secara serentak dengan menanam 8 pohon jenis yang berbeda, diantaranya jambu kristal dan pohon asem. Penanaman pohon ini dilakukan setiap jarak 2 meter. Penanaman ini selesai dilakukan pada pukul 12.00 Wib (siang hari). 

 

Search