Previous Next

Mahasiswa KKN Tematik Universitas Muhammadiyah Jember: Membawa Kembali Gemerlap Balai Desa Munder Melalui Program 'TILIK GENTING

Mahasiswa KKN Tematik Kelompok 15 Universitas Muhammadiyah Jember melaksanakan program kegiatan reaktualisasi Balai Desa Munder, Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Program kegiatan dilaksanakan dengan pengecatan ulang bangunan  dan penghijauan lingkungan  sebagai reaktualisasi dari kondisi Balai Desa sebelumnya yang dilaksanakan kelompok KKN pada  21  Agustus 2023.

''Sebelumnya kami dari pemerintah Desa Munder mengucapkan terima kasih atas kegiatan, saya nilai sangat bagus terkait dengan kegiatan tersebut dan manfaatnya dapat dilihat secara bagus, yang semula pagarnya seharusnya dicat ulang kini terlihat lebih bagus. Terakhir kali direvitalisasi pada tahun 2013" ujar Bapak Sekretaris Desa Munder. Balai Desa Munder, sebuah struktur bersejarah yang menjadi pusat aktivitas sosial dan budaya. Balai desa ini juga melayani masyarakat dalam memenuhi kebutuhan administrasi kependudukan termasuk berbagai  perizinan umum yang diperlukan masyarakat desa. Hingga melayani aktivitas musyawarah, rapat desa, penyuluhan , lomba dan yang lainnya.

Sejak tahun 2013  hingga sekarang balai desa perlahan  mengalami penurunan perhatian dan perawatan selama bertahun - tahun. Kondisi balai desa menunjukkan keadaan bangunan yang sudah mengalami pemudaran warna cat dan lingkungan belum tertata. Mulai dari bangunan hingga lingkungan menunjukan keadaan yang perlu di perbaharui segara.

Mahasiswa KKN Tematik kelompok 15  melaksanakan program inovatif yang di beri nama " TILIK GENTING " untuk mereaktualisasikan pemulihan dan pemberian manfaat bagi masyarakat setempat. Program yang diinisiasi mahasiswa KKN bertujuan  untuk menghidupkan kembali tampilan balai desa. 

"Dalam revitalisasi ini, kami ingin memastikan Balai Desa Munder  kembali menjdai tempat yang berarti bagi masyarakat. Kami berharap program tilik genting dapat menjadi contoh bagaimana mahasiswa Universitas dapat berkontribusi secara positif  dalam menghidupkan kembali warisan budaya lokal" Kata Galang koordinator Program desa. Kegiatan dilakukan pada hari Sabtu ( 19/08/2023). 

Dengan respon positif dari masyarakat setempat program "TILIK GENTING" ini diharapkan menjadi model yang yang inspiratif bagi upaya serupa di daerah lain. Mahasiswa KKN Tematik kelompok 15 Universitas Muhammadiyah Jember telah membuktikan bahwa dengan semangat kolaborasi, pengetahuan, dan dedikasi, mereka dapat membawa perbaikan bagi Desa Munder.

Search