Previous Next

Kolaborasi FAI Unmuh Jember & University Sains Islam Malaysia, Gelar Student & Lecture Exchange

     Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) telah sukses menyelenggarakan kegiatan Exchange of Students and Lectures di University Sains Islam Malaysia (USIM).

     Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari komunikasi antara Dekan FAI Unmuh Jember, Dr. Sofyan Rofi, yang dimulai pada bulan Maret 2023 dan terefleksikan dalam Letter of Intent (LOI) yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

     Acara berlangsung dari Rabu (21/02/2024) - Rabu (28/02/2024). Dihadiri oleh Dr. Fauziah Hassan sebagai Direktur USIM Alamiyah dan Dr. Sofyan Rofi selaku Dekan Fakultas Agama Islam Unmuh Jember.

     Dalam kegiatan ini, mahasiswa FAI Unmuh Jember mengikuti program yang terbagi menjadi dua sesuai dengan program studi mereka, yaitu Ekonomi Syariah dan Pendidikan Agama Islam.

     Materi yang disajikan meliputi berbagai aspek seperti Introduction to Islamic Entrepreneurship, Introduction to Islamic Finance Principles, Islamic Education and Contemporary Issues, serta Curriculum and Pedagogy in Islamic Schools.

     Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa FAI Unmuh Jember melalui penguasaan materi khusus yang diberikan langsung oleh para pakar di USIM, serta sebagai bentuk pengakuan terhadap prestasi mahasiswa dan dosen.

     Tidak hanya mendapatkan pengetahuan dari proses pembelajaran di kelas, mahasiswa juga melakukan sesi berbagi pengalaman dengan mahasiswa USIM, sedangkan para dosen tidak hanya menyampaikan materi sesuai keahlian mereka tetapi juga berbagi pengalaman dengan dosen dari USIM.

     Selain kegiatan tersebut, Dekan FAI Unmuh Jember juga membahas rencana untuk melanjutkan kegiatan pertukaran mahasiswa dengan menyelenggarakan perkuliahan satu semester bagi mahasiswa FAI Unmuh Jember di USIM, serta pertukaran dosen sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.

Search