Kontingen Karate Unmuh Jember Panen 15 Medali Dalam Kejuaraan International Karate Championship Unesa Rector Cup 2023

     Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karate Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) berhasil meraih juara pada ajang kejuaraan International Karate Championship Unesa Rector Cup 2023 yang mana acara ini memperingati Dies Natalis ke-59 Universitas Negeri Surabaya (UNESA) yang diselenggarakan pada hari Kamis (21/12/2023) sampai tanggal (24/12/2023). Kejuaraan ini diikuti oleh lebih dari 300 kontingen dari berbagai negara dan berlangsung di Graha Unesa, Kampus 2 Lidah Wetan.

     Sebanyak 15 medali berhasil dibawa pulang oleh UKM Karate Unmuh Jember, dengan rincian 4 medali emas, 8 medali perak, dan 3 medali perunggu. Peraih medali emas antara lain Muhammad Firman Febriansyah (2023) kategori Kumite Mahasiswa Putra -75Kg, Fatwa Aulia Seriannuari (2023) kategori Kata Perorangan Senior Putra, Winanda Taufani Alifia (2023) kategori Kumite Mahasiswa Putri -61Kg dan Amanda Risma Merita (2023) Kumite Mahasiswa Putri -55Kg.

     Selanjutnya medali perak yang diraih oleh Yushalluna Budiarti (2023) kategori Kumite Mahasiswa Putri -50Kg, Cerena Salsabila (2023) kategori Kata Perorangan Senior Putri, Zinatul Hayati (2023) kategori Kumite Mahasiswa Putri -68Kg dan kategori Kata Perorangan Senior Putri. Lalu Asyam Yafi Maulana (2023) kategori Kumite Mahasiswa Putra -50Kg, Nanda Satrio Wicaksono (2023) kategori Kumite Mahasiswa Putra -55Kg, Anggara Yulian P (2023) kategori Kumite Mahasiswa Putra -67Kg dan Rahmad Affandi Amrah (2023) kategori Kumite Mahasiswa Putra -55Kg.

     Disusul dengan medali perunggu yang diraih oleh Yushalluna Budiarti (2023), Cerena Salsabila (2023) dan Kamilia Sufi (2023) kategori Kata Tim Mahasiswa Putri.

     Ketua UKM Karate Unmuh Jember, Muhammad Firman Febriansyah, mengaku bersyukur atas keberhasilan yang diraih oleh timnya. Ia mengatakan bahwa pertandingan kali ini sangat kompetitif, namun para atletnya tetap mampu tampil maksimal dan meraih hasil yang terbaik.

     “Pertandingannya kompetitif, sesuai dengan asas sportivitas,” jelas Firman, Ketua UKM Karate dalam wawancara khusus dengan peraih kejuaraan.

     Selain medali, UKM Karate Unmuh Jember juga berhasil mendapatkan jejaring antar universitas. Firman mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan komunikasi dengan beberapa UKM Karate dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Negeri Malang dan beberapa kontingen dari luar negeri, seperti Malaysia dan India.

     Firman juga berharap agar Universitas Muhammadiyah Jember dapat terus mendukung UKM Karate. dukungan dari universitas sangat penting untuk pengembangan UKM Karate dan meningkatkan prestasi para atletnya.

     "Kami berharap agar Universitas Muhammadiyah Jember dapat menjunjung tinggi nilai sportivitas dan menjadikan karate sebagai jembatan untuk mengembangkan potensi di Unmuh Jember dengan output beasiswa dan relasi," kata Firman.

     Dengan prestasi yang diraih oleh UKM Karate Unmuh Jember, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para mahasiswa lainnya untuk mengembangkan bakat dan minatnya di bidang olahraga.

Search