UM Jember lantik 10 Dekan Periode 2020-2024

Sepuluh dekan periode 2020-2024 dilantik oleh Dr. Hanafi, MPd Rektor Universitas Muhammadiyah Jember -UM Jember-, Selasa, (30/6/2020). Diadakan di Gedung Ahmad Zaenuri, serah terima Dekan masa jabatan 2016-2020 ke Dekan masa jabatan 2020-2024 disaksikan oleh Wakil Rektor 1, Dr. Emy Kholifah R, M.Si dan Wakil Rektor II, Ahmad Suharto, M.P. Dalam sambutannya, Rektor UM Jember mengucapkan selamat dan semangat dalam mengemban amanat. “Memang tidak mudah, tapi dijalani dengan mengucap Bismillah dan harus ikhlas.” ungkapnya.

Tentang amanat, menurut Hanafi, sudah tertuang pada QS Al-Ahzab:72 yang artinya, “Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh.” Hanafi juga menjelaskan bahwa ada dua hal yang harus dimiliki Perguruan Tinggi unggul yaitu unggul dan lestari. Unggul yang dimaksud ialah perguruan tinggi harus memiliki kualitas yang bagus. Hal tersebut bisa didapat dari kualitas Sumber Daya Manusia yang dimiliki harus berkompeten di bidang masing-masing. Untuk mewujudkannya, Hanafi mulai menambah dosen yang bergelar doktor dengan memberikan beasiswa untuk satu dosen di setiap jurusan. “Ini salah satu upaya kita meningkatkan SDM yang ada.” Selanjutnya yaitu lestari, adalah terciptanya suasana belajar nyaman yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap.

Ketersediaan fasilitas juga merupakan salah satu penunjang terciptanya lulusan yang unggul. Selain Hanafi, Prof Thohir Luth MA, mantan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur periode 2010-2015, memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada dekan yang telah purna masa jabatan. “Semoga segala hal yang telah dilakukan oleh persyarikatan bisa menjadi amal jariyah.” Tak hanya itu, pesan yang diberikan oleh Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UM Jember tersebut kepada peserta yang hadir ialah jangan sampai menjadikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang lain khususnya yang ada di Jawa Timur sebagai competitor. “Harus bisa memajukan dirinya sendiri dan saling memberi contoh yang baik.” ungkapnya. Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Jember, Drs. Kusno MPd, beliau mengatakan bahwa setiap amal usaha yang dimiliki Muhammadiyah harus bisa bersinergi membangun kekuatan yang bisa dicontoh.

“Kitalah yang bertugas untuk mengembangkan AUM agar bisa maju dan berkualitas baik. Tunjukkan hal-hal yang bagus, kalau sudah bagus, dukung sepenuhnya agar bisa maju.” jelas Kusno. Berikut adalah kesepuluh nama-nama dekan yang dilantik masa jabatan 2020-2024: 1. H. Suyatna, S.H., M.Hum. (Fakultas Hukum) 2. Dr. Juariyah, M.Si. (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik) 3. Ir. Iskandar, M.P. (Fakultas Pertanian) 4. Dr. Nanang Saiful Rizal, M.T. (Fakultas Teknik) 5. Maheni Ika Sari, S.E., M.M. (Fakultas Ekonomi) 6. Ns. Sasmiyanto, S.Kep., M.Kes. (Fakultas Ilmu Kesehatan) 7. Dr. Kukuh Munandar, M.Kes. (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) 8. Dr. Nurlela Widyarini, S.Psi., M.Si. (Fakultas Psikolgi) 9. Sofyan Rofie, S.Pd.I., M.Pd.I. (Fakultas Agama Islam) 10. Dr. Abadi Santosa, S.E., M.M. (Direktur Pasca Sarjana). (adis)

Search