Previous Next

Mahasiswa Psikologi Unmuh Jember Raih Juara 2 Lomba Poster Nasional: "Panic Attack" Menyuarakan Kesehatan Mental

Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) meraih juara di ajang lomba poster nasional yang diselenggarakan secara online oleh Ruang Lomba Nasional. Lomba ini menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk menyalurkan kreativitas dan ekspresi mereka melalui seni visual. Lomba yang berlangsung 21-30/10/2023 ini diikuti oleh banyak mahasiswa di Indonesia.

Tim yang yang berisikan tujuh mahasiswa jurusan Psikologi semester tiga antara lain Tesa Zuhrania, Dayu Arya Praditya, Wafiq Ramadiana Amanda, Annisa Fitria Marshanda, Salma Khoirunnisa S, Amelia Dwi Putri Wahyuni, Aulia Yasmin, Firnanda Dihan.

Salma Khoirunnisa S, salah satu anggota tim, menjelaskan bahwa ide untuk mengikuti lomba bermula dari pencarian informasi di Instagram, dan setelah menemukan informasi tentang Ruang Lomba Nasional, mereka memutuskan untuk mendaftar.

“Berawal dari tugas luaran berupa poster dari mata kuliah kesehatan mental kemudian hasil posternya disuruh dilombakan dan kami mencari informasi dari instagram dan menemukan informasi lomba yang diadakan oleh Ruang Lomba Nasional” tutur Salma 18/11/2023.

Menariknya, partisipasi dalam lomba ini bermula dari sebuah tugas mata kuliah Kesehatan Mental, yang kemudian berkembang menjadi sebuah karya poster yang memikat perhatian. Dengan tema "What I wish People Knew About Mental Health" dan judul "Panick Attack," tim berhasil menggambarkan kesehatan mental sebagai bagian dari kehidupan.

Tim menjelaskan bahwa banyaknya mahasiswa Unmuh Jember yang mengalami kecemasan menjadi alasan mereka dalam mengambil topik ini, mereka ingin membagikan edukasi terkait masalah ini melalui karya.

“Karena temanya kesehatan mental dan dari hasil wawancara pada beberapa mahasiswa Jember yang kami lakukan, ditemukan bahwa kebanyakan mahasiswa mengalami kecemasan.”ungkapnya.

Pentingnya kesehatan mental semakin diresapi melalui konsep dan komposisi visual yang menarik dalam poster mereka. Pesan tentang menjaga kesehatan mental berhasil disampaikan dengan efektif melalui karya mereka.

Dalam poster tersebut, tim mahasiswa psikologi Unmuh Jember berhasil menggambarkan kesehatan mental sebagai bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Dengan konsep dan komposisi visual yang menarik, poster ini berhasil menarik perhatian serta menyampaikan pesan bahwa menjaga kesehatan mental.

Meskipun dengan persiapan yang cukup singkat tidak menghalangi mereka untuk menjadi juara. Kendala mereka dalam mengukuti lomba ini bisa dibilang sedikit, mereka bisa mengatasi dengan referensi dan bahan yang mereka miliki. Hal itulah yang menjadi kunci keberhasialan mereka meraih juara. 

Semua rangkaian kegiatan dalam Ruang Lomba Nasional diselenggarakan secara online. Para pemenang lomba ini diumumkan melalui akun instagram @ruanglombanasional, pada tanggal 30/10/ 2023 kemarin. Dan tim mahasiswa psikologi Unmuh Jember berhasil menjadi juara ke 2 kategori poster tingkat mahasiswa dari seluruh peserta yang mengikuti lomba.

Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi mahasiswa Psikologi Unmuh Jember, tetapi juga menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk mengeksplorasi kreativitas mereka dan mengambil bagian dalam berbagai kompetisi yang dapat memperluas wawasan dan pengalaman.

 

Search