Previous Next

Sosialisasi dan Penanaman Sayuran Membangun Generasi Sehat di Desa Gambangan

Mahasiswi BKP Proyek Kemanusiaan Universitas Muhammadiyah Jember yang ditempatkan di Desa Gambangan, Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, berkomitmen mengatasi tantangan tumbuh kembang anak dengan menggelar kegiatan sosialisasi dan program penanaman sayuran. Meskipun Indonesia telah mengalami kemajuan dalam kesehatan dan pendidikan, masalah terkait gizi dan pertumbuhan anak masih menjadi fokus utama di wilayah ini.

Sejumlah faktor kompleks, seperti keterbatasan akses terhadap makanan bergizi dan rendahnya pemahaman tentang gizi, telah menciptakan hambatan dalam tumbuh kembang anak-anak. Oleh karena itu, masyarakat Desa Gambangan merespons dengan menginisiasi proyek proaktif yang melibatkan Mahasiswi Proyek Kemanusiaan Universitas Muhammadiyah Jember. Proyek ini tidak hanya berfokus pada pemenuhan kebutuhan gizi melalui penanaman sayuran tetapi juga pada sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

Kegiatan sosialisasi sudah berlangsung pada tanggal 26 OKTOBER 2023, pukul 09.00 WIB, bertempat di Balai Desa Gambangan, yang melibatkan tokoh masyarakat, perangkat desa, dan para kader Posyandu. Materi sosialisasi disusun dengan kerjasama Tim ahli kesehatan anak dan gizi Politeknik Negeri Jember, yang dipimpin oleh Mbak Annisa Nurahma Kamila S Tr Gz.

Sosialisasi ini memiliki tujuan utama, antara lain, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya tumbuh kembang anak, memberikan edukasi gizi dan kesehatan, menekankan pentingnya pola makan sehat dengan fokus pada konsumsi sayuran, dan membentuk perilaku positif terkait kesehatan anak.

Sebagai bagian dari program yang holistik, penanaman sayuran di enam Posyandu di Desa Gambangan sudah dilaksanakan pada tanggal 13 NOVEMBER 2023. Pada kegiatan ini, setiap Posyandu diberi bibit sayuran seperti kangkung, bayam, dan pakcoy. Langkah-langkahnya melibatkan perencanaan teliti, persiapan lahan menggunakan media tanam galon bekas dan polybag di sekitar rumah, pemilihan benih yang sesuai, pemeliharaan tanaman secara teratur, dan monitoring serta evaluasi hasil panen.

Sasaran utama kegiatan ini adalah para kader Posyandu, yang berjumlah enam Pos di Desa Gambangan. Melalui kegiatan ini, diharapkan Desa Gambangan dapat menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak-anak dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup melalui konsumsi sayuran. Dengan adanya partisipasi aktif masyarakat, program ini memiliki potensi besar untuk menciptakan perubahan positif dalam pola makan dan kesehatan anak-anak, membawa dampak positif pada masa depan desa ini.

Search