Gelar Wisuda Ke-46, Unmuh Jember Cetak Lulusan Wirausahawan yang Berdedikasi Tinggi

     Universitas Muhammadiyah Jember gelar Wisuda ke-46 Pascasarjana, Sarjana, dan Ahli Madya Semester Ganjil 2021-2022 secara hybrid, Sabtu, (26/3/2022).

     Gelaran acara yang diikuti oleh 359 wisudawan/wati tersebut dihadiri secara langsung oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur oleh Prof Thohir Luth MA yang sekaligus merupakan ketua Badan Pembina Harian Unmuh Jember, serta Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Jember dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Jember.


     Wakil Bupati Bondowoso yang berkesempatan memberikan sambutan memberi pesan kepada wisudawan/wati yang hadir di Gedung Ahmad Zainuri Unmuh Jember, bahwa dalam terjun ke masyarakat, apa yang dihadapi terkadang berbeda dengan ilmu yang didapat selama mengemban ilmu di perguruan tinggi.

     Hal tersebut tak lantas memberikan keraguan karena akademisi dicetak salah satunya agar bisa melakukan keputusan yang berani. "Kerja keras saja tidak cukup, tetapi harus kerja cerdas dengan kemajuan teknologi.” Dan yang paling penting, lanjutnya, banyak berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah yang sudah memberi hidup.

     Sementara hadir secara daring yaitu Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, H Ahmad Muttaqien MA PhD. Beliau menyampaikan menjadi sarjana bukanlah terminal akhir. Capaian yang sudah didapatkan selama menimba ilmu di Unmuh Jember dijadikan bekal untuk menapak lebih jauh untuk berkontribusi nyata di tengah masyarakat.

     Dalam berkehidupan masyarakat, Ahmad Muttaqien berujar bahwa jadilah masyarakat yang berkemajuan sesuai kebutuhan jaman, selalu menjadi yang terbaik dan proaktif menyongsong masa depan. “Alam pikirannya berbasis kepada IPTEK namun tidak melupakan nilai-nilai agama.” ujar Wakil Bendahara Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah tersebut.

     Meskipun hambatan dan tantangan hadir, tidak perlu khawatir dengan memastikan bahwa ilmu yang diperoleh dapat memberi manfaat. Maju dan berjuang sebagai pribadi unggul dengan memanfaatkan ruang-ruang yang tersedia untuk meningkatkan kemampuan pribadi sehingga mempunyai kompetensi yang tinggi.

     “Kalau ingin menjadi wirausahawan jadilah wirausahawan yang berdedikasi tinggi, begitupun juga Ketika melanjutkan karir di dunia politik jadilah politisi berkarakter, beretika, dan membela kebenaran.” ungkapnya kemudian.

     Pribadi seorang wirausahawan tersebut tercermin pada diri salah satu wisudawan yang memperoleh tiga predikat sekaligus. Zaenur Rohmah, Sarjana Program Studi Agribisnis berhasil ditobatkan menjadi mahasiswa lulusan tercepat, mahasiswa peraih IPK tertinggi, dan mahasiwa teladan.

     Semua pencapaian tersebut tak lepas dari usahanya selama ini ia tekuni. Kisahnya merintis usaha sapi perah sejak tahun 2013 dan agorindustri rengginang rasa-rasa sejak tahun 2015 merupakan salah satu bukti capaian bahwa menjadi wirausahawan tidak sekedar seseorang mempunyai usaha sendiri. Namun dedikasi dan keseriusan dalam menjalani merupakan kunci.

     Lelaki asal Situbondo tersebut mengaku aktif mengikuti seminar, pengabdian masyarakat dan organisasi kemahasiswaan salah satunya yaitu UKM Kewirausahaan. “Di UKM kewirausahaan ini saya belajar banyak tentang pengembangan bisnis terutama untuk pembisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) seperti saya.” ujarnya.

     Wisudawan yang mendapat IPK tertinggi pada Wisuda Ke-46 berhasil diraih oleh Tomi Ismanto dari Program Studi Pascasarjana dengan perolehan IPK 3,91, sementara wisudawan dengan predikat lulusan tercepat diraih oleh Zainur Rohman dari Porgram Studi Agribisnis dengan lama masa studi tiga tahun tiga bulan dua belas hari. Dan ada satu kategori untuk hafidz al quran yang diraih oleh Ahmad Shodiqi dari Program Ilmu Komunikasi yang berhasil hafal 30 juz.

     Kepada para orang tua wisudawan/wati yang menyaksikan melalui live Youtube Universitas Muhammadiyah Jember mengucapkan terima kasih karena telah mempercayakan putra-putrinya untuk menimba ilmu di kampus biru, Universitas Muhammadiyah Jember.

Search