Previous Next

Psikoedukasi Mengenai Bullying Pada Remaja di RW IX Dusun Krajan Desa Tanggul Kulon Oleh Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Jember dan Organisasi PIK-R Dusun Krajan Desa Tanggul Kulon

Kegiatan Psikoedukasi dilaksanakan pada hari Minggu, 03 Maret 2024 bertempat di RW IX Dusun Krajan, Desa Tanggul Kulon, Kabupaten Jember. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Organisasi PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) Dusun Krajan, dan diisi dengan sosialiasi mengenai fenomena Bullying oleh Mahasiswa KKN Tematik Kelompok 07 Universitas Muhammadiyah Jember. PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) adalah suatu wadah kegiatan program Generasi Berencana (GENRE) yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.

Kegiatan sosialisasi ini berupa Psikoedukasi yang dilakukan oleh Mahasiswa Fakultas Psikologi dari Kelompok 07 KKN Tematik Universitas Muhammadiyah Jember. Psikoedukasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan/atau keterampilan sebagai usaha pencegahan dari munculnya dan/atau meluasnya gangguan psikologis di suatu kelompok, komunitas atau masyarakat serta kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman bagi lingkungan (HIMPSI, 2010). Dalam kegiatan ini, materi yang diberikan dalam psikoedukasi adalah mengenai fenomena bullying.

Bullying "penindasan" dalam bahasa Indonesia, merupakan segala bentuk penindasan oleh orang atau kelompok secara sengaja terhadap orang lain (dibawahnya) secara terus-menerus (KMENPPA, 2014). Kelompok yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini adalah remaja yang merupakan anggota PIK-R yang masih duduk di bangku SMP. Psikoedukasi ini dilakukan dalam upaya mengurangi banyaknya kasus kekerasan terhadap anak (bullying) yang semakin meningkat, terutama di lingkungan sekolah.

Materi yang diberikan mengenai bullying dalam psikoedukasi ini diantaranya adalah pengertian dari bullying, data kasus bullying di Indonesia, siapa saja yang berperan dalam bullying, bentuk-bentuk bullying, UU tentang perlindungan anak, dampak bullying bagi pelaku dan korban, hingga bagaimana cara mencegah bullying. Psikoedukasi ini diakhiri dengan sesi ice breaking, tanya-jawab, dan kesan-pesan. Kemudian kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Search