Previous Next

Mahasiswa KKN UM Jember ikut berpartisipasi dalam Karnaval di Desa Karanganyar

 

Minggu (20/8/2023) siang, Desa Karanganyar Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, mengadakan karnaval sebagai bentuk perayaan ulang tahun Indonesia yang ke-78 tahun. Karnaval dilaksanakan secara meriah. Kurang lebih ada 2.000 peserta yang mengikuti kegiatan karnaval.

Di antaranya, ada peserta dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), TK (Taman Kanak-Kanak), SD (Sekolah Dasar)/MI (Madrasah Ibtidaiyah), SMP (Sekolah Menengah Pertama)/MTs (Madrasah Tsanawiyah), SMA (Sekolah Menengah Atas)/MA (Madrasah Aliyah), hingga masyarakat umum. Tentunya, karnaval ini dikhususkan untuk warga Desa Karanganyar.

Menurut masyarakat sekitar ,kegiatan karnaval di desa Karanganyar ini dilakukan bergantian setiap tahunnya dengan desa sebelah karena letak nya berdekatan,dan pada tahun ini giliran desa Karanganyar yang mengadakan karnaval. Titik mulai pelaksanaan karnaval terletak di Balai desa Karanganyar dan finish di rumah bapak kepala desa, yaitu bapak sugiyo dengan rute karnaval membentuk huruf S, agar mencegah terjadinya kemacetan.

Kegiatan karnaval juga dimeriahkan dengan riasan para peserta yang tampak heboh. Mulai dari pakaian adat, profesi, putri dan pangeran kerajaan, hingga kesenian dari berbagai daerah,khusus nya kesenian reog dan jaranan. Para peserta bersolek dan menari semaksimal mungkin untuk menghibur warga Desa Karanganyar yang menonton.

Setiap kelompok peserta karnaval diiringi oleh mobil pick up ,truck yang membawa sound system yang disertai lampu sorot untuk menyalakan lagu. Bunyi-bunyiannya memang terkesan bertumpuk-tumpuk. Namun, hal itulah yang membuat karnaval menjadi semakin ramai. Tentu saja, bunyi-bunyian itu juga yang membangkitkan rasa semangat dan penasaran warga sekitar untuk menonton karnaval.Peserta kegiatan karnaval sangat senang dan bersemangat mengikuti kegiatan ini. Karnaval sendiri berlangsung dimulai sekitar jam 1 siang sampai jam 1 malam.

Para mahasiswa KKN juga ikut berpartisipasi didalam kegiatan memeriahkan acara ini, salah satunya membantu merias dan memakaikan baju adat untuk para peserta karnaval dari SDN Karanganyar 02 dan juga ada yang membantu menjadi MC di SDN Karanganyar 02. Tak hanya itu, para mahasiswa KKN membantu menjaga barisan dari Bu Kades dan membawakan alat para pemain teater tari sumpah palapa gajah mada.

 

Search