Previous Next

Momen KKN Tematik 31 UNMUH Jember dalam Merayakan HUT RI “Renungan Suci” di Desa Kabuaran

KABUARAN, 21 Agustus 2023  - Dalam merayakan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 di desa Kabuaran dibuka dengan acara “Renungan Suci” yang dilaksanakan pada hari Rabu, 16 Agustus 2023. Acara ini merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan rutin setiap tahunnya untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia. Point utama yang menjadikan kegiatan ini istimewa adalah pada bagian sujud syukur atau dapat juga disebut sebagai sholat kemerdekaan sebagai bentuk syukur kepada Tuhan dan para pahlawan yang telah berjasa membangun desa Kabuaran.

Bapak Buyar selaku salah satu tokoh yang memimpin acara tersebut mengungkapkan bahwa “Renungan Suci” ini dilaksanakan untuk mengingatkan kepada diri sendiri betapa berharganya kemerdekaan yang telah diraih. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengajak masyarakat agar selalu mengingat perjuangan para pahlawan serta menumbuhkan Semangat gotong royong dalam membangun bangsa.

Kepala Desa Kaburuan Hj. Sulastini Nurazizah adalah sosok dibelakang suksesnya acara ini sekaligus yang memenuhi segala kebutuhan dalam acara seperti menyiapkan tumpeng.

“Dulunya yang membawa tumpeng adalah masyarakat, tetapi sekarang ini untuk tumpeng dan segala kebutuhan dipenuhi oleh Bu Tinggi” ucap salah satu warga.

Acara “Renungan Suci” ini setiap tahunnya dilaksanakan di Balai Desa Kabuaran yang dihadiri oleh masyarakat sekitar, para tamu undangan, dan juga tokoh-tokoh ulama yaitu Ustad Ikhsan Taufik, Ustad Riga Irawan, dan Ustad Jumain Noor. Proses pelaksanaannya sendiri diawali dengan sambutan oleh Ibu Kepala Desa, kemudian dilanjutkan oleh doa bersama yang dipimpin oleh Ustad Noor. Setalah rangkaian acara tersebut, masuklah ke acara inti yaitu pelaksanaan sujud syukur.

Pada saat pelaksanaan acara mulai awal hingga akhir, seluruh masyarakat yang terlibat sangat antusias tak terkecuali seluruh panitia yang bertugas. Peran mahasiswa KKN 31 UNMUH Jember sendiri sebagai kontribusi adalah keikutsertaannya dalam membantu persiapan mulai sebelum acara sampai acara selesai seperti; menyiapkan tumpeng, menata karpet, dan ikut membagikan makanan kepada warga sekitar.

Dengan mengikuti kegiatan “Renungan Suci” ini, mahasiswa KKN 31 mendaptkan banyak sekali pembelajaran baru mengenai budaya pada masyarakat desa Kabuaran, serta menjadi momentum yang khidmat dalam memaknai nilai-nilai perjuangan para pahlawan.

“Renungan Suci” salah satu kegiatan pembuka dari berbagai rangkaian acara untuk menyambut HUT RI di desa Kabuaran adalah sebuah budaya yang perlu dilestarikan dan mendapatkan dukungan terutama bagi penerus bangsa.

Search