Previous Next

Maksimalkan Pengelolaan Zakat, Dosen Unmuh Jember Gelar Pelatihan Pengelolaan Manajemen Zakat

Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) bekerjasama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Paleran mengadakan Pelatihan Pengelolaan Manajemen Zakat bagi PCM Paleran di Perguruan Muhammadiyah Paleran pada Ahad, (3/3/2024) lalu.

Kegiatan ini merupakan bagian dari aktivitas Riset-Mu Batch VII 2024 Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Yang menjadi pemateri adalah Dhofir Catur Bashori, M.H.I, selaku dosen Al-Islam & Kemuhammadiyaha  Unmuh Jember dan dipandu langsung oleh Ustad Rizky Rizal Pahlevi selaku Ketua PCM.

Dalam pemaparannya, pemateri memberikan pemahaman terlebih dahulu kepada para peserta tentang seputar hukum zakat dan pentingnya pengelolaan zakat secara profesional. Kemudian dilanjutkan dengan materi yang berkaitan dengan prinsip-prinsip manajerial dalam organisasi pengelolaan zakat, dan diakhiri dengan praktek perhitungan zakat.

Selain itu, Dhofir Catur Bashori ungkap pentingnya gelaran kegiatan pelatihan Pengelolaan Manajemen Zakat di PCM Paleran, menurutnya Zakat merupakan salah satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh seorang muslim ketika sudah sampai pada nishab dan haulnya.

"Selain memiliki fungsi sebagai ibadah yang bersifat ritual atau hablum minallhai, ibadah zakat juga memilki fungsi sosial atau hamblum minannasi. Zakat memiliki potensi yang sangat besar dalam meningktakan taraf kehidupan kehidupan masyarkat, namun sayangnya potensi tersebut belum dapat dimaksimal oleh para pengelola zakat," ungkapnya.

Menurutnya kondisi tersebut disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah; kurangnya kesadaran masyarakat dalam menunaikan kewajiban zakat, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang kewajiban seputar zakat, hingga kurangnya manajerial yang baik dalam mengelola zakat.

Pelatihan tersebut disambut secara antusias oleh peserta ditunjukkannya dengan serunya diskusi dan pertanyaan yang dilontarkan seputar hukum dan perhitungan zakat saat pelatihan berlansung.

"Mereka menyadari tentang pentingnya pengelolaan zakat secara profesional. Hal ini menjadi salah satu indikator tentang pentingnya kegiatan-kegiatan yang bersifat sosialisasi atau pelatihan tentang pengelolaan zakat. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan PCM dapat memaksimal potensi zakat umat Islam di wilayah tersebut," harapnya.

Search