Mahasiswa Kkn 01 Um Jember Ikut Mensukseskan Acara Musdes Dan Musrenbang Di Desa Sukosari

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berasa di Desa Sukosari Kecamatan Sukowono ikut berpartisipasi dalam acara Musyawarah Desa. Dengan adanya kehadiran mahasiswa di Desa, Bapak Kepala Desa mengharap bekerjasama untuk melancarkan acara tersebut. Pada hari kamis, pukul 09:00 tanggal 30 Januari 2020 kepala desa mengadakan Musyawarah Desa untuk rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDES) periode 2019 – 2025 melanjutkan dari musdus (Musyawarah Dusun) yang diadakan pada tanggal 29 Desember 2019. Kegiatan yang dihadiri oleh beberapa kalangan masyarakat yang terdiri dari, ketua RT, Ketua RW, ToMas (Tokoh Masyarakat), Kader, dan sejumlah warga desa Sukosari. 

Dilanjutkan dengan Musrenbangdes (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa) dalam rangka Penetapan RPJMDES 2019 – 2025 pada hari Senin, tanggal 10 Januari 2020. Dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa kepala desa sukosari Bpk. Ahmad Romadlon menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan program kerja serta menampung aspirasi atau keluhan masyarakat. ‘’dalam rapat ini kami menampung segala keluhan dari masyarakat’’ ucapnya. Selain perencanaan pembangunan desa mahasiswa kkn 01 diberi kesempatan untuk memaparkan apa yang menjadi kelebihan dan keunikan desa Sukosri saat kegiatan berlangsung, dengan mengenalkan pada masyarakat setempat bahwa ciri khas desa Sukosari adalah DESA PANDAI BESI. 

Bertujuan untuk menunjukkan pada warga setempat akan kelebihan dan ciri khas, sehingga diharapkan warga bisa berpartisipasi memajukan desa melalui produksi pisau dan memberikan lapangan pekerjaan untuk ibu-ibu rumah tangga di desa Sukosari. Dimana banyak hasil produk dari pengrajin pandai besi yang dipamerkan antara lain adalah pisau dapur, pisau koleksi, pisau daging, dll dengan tujuan masih banyak macam pisau yang dapat dihasilkan oleh para pengrajin pandai besi. Tidak hanya itu para pengrajin juga mampu memproduksi sarung pisau mulai dari bahan kulit hingga yang berbahan kayu ukiran.

Search