Previous Next

Kegiatan Posyandu dan Posbindu di Desa Munder Lumajang Bersama Mahasiswa KKN UNMUH Jember

     Kegiatan posyandu dan posbindu sangat perlu dilakukan guna memeriksa kesehatan ibu dan anak.

      Desa Munder merupakan salah satu Desa di Kecamatan Yosowilangun Lumajang dengan kegiatan posyandu dan posbindu yang rutin dilakukan perbulannya.Kamis, 16 Februari 2023 kegiatan posyandu dan posbindu dilaksanakan di Dusun Margomulyo pos PAUD Semangka Desa Munder dengan tema Tuberkulosis(TBC). Kegiatan posyandu dan posbindu kali ini dilaksanakan bersama dengan mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari Universitas Muhammadiyah Jember (UNMUH).

      Kegiatan posyandu ini dilakukan untuk memantau tumbuh kembang balita yang ada di Desa Munder, sedangkan untuk posbindu ini dilakukan skrining yang pertama kali. Skrining posbindu dilakukan dengan tujuan untuk memeriksa penyakit yang tidak menular pada ibu-ibu di Desa Munder. Pelaksanaan kegiatan posyandu dan posbindu dipimpin oleh Ibu bidan Retno Wulandari, SST dan Dedy Yoga P,Amd.Kep dan diikuti oleh ibu-ibu, balita serta kader Desa Munder.

      Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan kerjasama antar bidan desa dan juga para kader setempat agar kegiatan berjalan lancar dengan dukungan warga Desa Munder. Prosedur pelaksanaan posyandu dimulai dari pendaftaran, kemudian dilanjutkan dengan pengukuran tinggi badan dan berat badan anak.

      Hasil dari pengukuran itu kemudian dicatat dalam pembukuan KIA dan dilanjutkan dengan diberikan obat cacing serta vitamin kepada anak-anak. Untuk posbindu, kegiatan dilakukan dengan pendaftaran yang dilanjutkan dengan tensi, pengecekan gula darah, pengukuran berat dan tinggi badan serta lingkar perut.

      Berikut ini alat yang digunakan dalam kegiatan posbindu dan posbindu di Desa Munder:

1. Timbangan berat badan
2. Meteran lingkar perut
3. Tensimeter
4. Cek GDA
5. Alat ukur tinggi badan
 
     Perlu diketahui pada kegiatan skrining posyandu dan posbindu di Desa Munder kali ini dilaksanakan pertama kali bersama dengan mahasiswa KKN. Mahasiswa KKN dari UNMUH Jember mulai melaksanakan program kerja di Desa Munder pada hari senin, 13 Februari 2023.

      Sebanyak 19 mahasiswa UNMUH Jember yang melaksanakan kegiatan KKN di Desa Munder. Dengan adanya mahasiswa KKN UNMUH Jember diharapkan dapat membantu kegiatan masyarakat yang ada di Desa Munder.

Search