Sukseskan Vaksinasi, Mahasiswa KKN Kolaboratif Sekabupaten Jember Menjadi Relawan Vaksinasi di Balung Kidul

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif se-Kabupaten Jember kelompok 98 yang terdiri dari Universitas Soebandi, Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, dan Universitas Islam Jember turut aktif berpartisipasi menjadi relawan kegiatan vaksinasi dalam menyukseskan program pemerintah di Balai Desa Balung Kidul, Kecamatan Balung, Jember. Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan bekerjasama dengan Poskendes Desa Balung Kidul.

Kegiatan diawali dengan Penyambutan Mahasiswa KKN Kolaboratif se-Kabupaten Jember oleh perangkat desa di Desa Balung Kidul, selanjutnya diikuti oleh kegiatan apel pagi rutin bersama dengan Perangkat Desa Balung Kidul. Selanjutnya Mahasiswa KKN Kolaboratif se-Kabupaten Jember melakukan kegiatan vaksinasi di Balai Desa Balung Kidul.

 

Kegiatan vaksinasi dimulai pada Senin, 25 Juli 2022 dan dilakukan selama 3 hari.

Kegiatan vaksinasi diikuti oleh sekitar 112 warga yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 -- 12.00 WIB. Kegiatan vaksinasi desa Balung Kidul merupakan program lanjutan untuk memberikan vaksinasi dosis vaksin kesatu, vaksin kedua, hingga vaksin booster (dosis ketiga) bagi warga yang belum menerima vaksinasi lengkap.

Pembagian tugas yang menjadi relawan vaksinasi antara lain mahasiswa membantu dalam mengecek daftar hadir, screening, membantu mengecek tekanan darah peserta vaksinasi, mengatur nomor antrian dan registrasi, serta mencetak kartu vaksin. Sebelum pelaksanaan vaksinasi dilakukan koordinasi antar mahasiswa KKN dengan petugas Poskendes Balung Kidul sehingga jalannya vaksinasi berjalan dengan lancar. Petugas Poskendes yang bertugas dalam kegiatan vaksinasi merasa senang dan terbantu oleh mahasiswa KKN Kolaboratif se-Kabupaten Jember kelompok 98.

"Kami sangat terbantu dengan adanya mahasiswa KKN Kolaboratif se-Kabupaten Jember kelompok 98 di Balung Kidul karena banyaknya peserta dan kurangnya petugas vaksinasi sehingga Kami merasa mendapatkan dukungan lebih untuk kelancaran berjalannya vaksinasi di Desa Balung Kidul." Tutur Dina Petriana Sari selaku Penanggung Jawab Kegiatan Vaksinasi dan Pelaksana Pondok Kesehatan Desa (Poskendes).

Kegiatan vaksinasi berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan kerumunan warga desa Balung Kidul karena berjalan dengan tertib dan mematuhi peraturan serta protokol kesehatan. Mahaiswa KKN Kolaboratif se-Kabupaten Jember Kelompok 98 berharap kegiatan vaksinasi dapat membantu dalam mencegah penyebaran Covid-19.

 

Kegiatan vaksinasi juga merupakan upaya mahasiswa KKN Kolaboratif se-Kabupaten Jember Kelompok 98 untuk lebih dekat dengan Masyarakat Desa Balung Kidul, sehingga diharapkan dapat mempermudah dalam pemetaan potensi desa yang merupakan salah satu tujuan pelaksanaan KKN. Hadirnya mahasiswa KKN Kolaboratif se-Kabupaten Jember Kelompok 98 dalam membantu kegiatan vaksinasi disambut ramah oleh warga desa Balung Kidul.

Search