KKN Kolaboratif 140 Survey Potensi Guna Mengenal Lebih Dekat Desa Patemon Kecamatan Tanggul

Pada tanggal 19 Mei 2022 bertempat di gedung rektorat Universitas Jember para pemimpin dan pengelola Lembaga Penelitian dan Pengambangan Masyarakat (LP2M) 13 perguruan tinggi di Jember bersepakat untuk membangun dan melaksanakan KKN kolaborasi. 13 perguruan tinggi ini meliputi Universitas Jember, Universitas Muhamadiyah Jember, Universitas Moch. Sroedji, Universitas PGRI Argopuro, STIE Mandala, Universitas Islam Indonesia, Akademi Farmasi Jember, Stikes Bakti Al Qodiri, Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Institut Agama Islam al-Falah Assuniyyah (INAIFAS) Kencong, dan juga Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa.

KKN kolaborasi ini tersebar di berbagai desa di kabupaten Jember. Salah satunya adalah Desa Patemon Kecamatan Tanggul. Desa Patemon adalah desa yang terletak diantara Desa Kramat Sukoharjo dan juga Desa Manggisan. Desa Patemon memiliki tiga dusun yaitu, Krajan 1, Krajan 2, dan Curah Putih yang terdiri dari 5972 laki-laki, 5940 perempuan dan terhimpun dalam 3761 KK. Kelompok KKN 140 yang bertempat di Desa Patemon memiliki tematik dan program kerja utama yaitu Verivikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang ada di Kabupaten Jember sebagai upaya menuntasan masalah kemiskinan. Tematik dan program utama ini telah di tentukan oleh KKN kolaborasi secara keseluruhan yang bekerja sama dengan PEMKAB Jember.

Kelompok KKN 140 memiliki program kerja lain selain Verval DTKS, yaitu penyuluhan dan pencegahan stunting yang ada di Desa Patemon. Program kerja ini dilaksanakan berdasarkan hasil survey permasalahan yang ada di desa, salah satu permasalahan terbesar adalah stunting, Desa Patemon terbilang sebagai desa dengan angka stunting tertinggi ke dua di Kecamatan Tanggul. Kami kelompok KKN 140 melakukan kerjasama dengan desa untuk melakukan sosialisasi dan juga bekerjasama dalam pelaksanaan Rumah desa sehat.

Minggu pertama KKN kolaborasi, kami kelompok 140 mengisi kegiatan dengan melakukan survey potensi dan juga masalah yang ada di desa untuk menentukan tematik yang akan kita ambil selain tematik Verval DTKS. Selain itu kami juga berkoordinasi dengan perangat desa dan kepala desa untuk meminta data DTKS yang ada di desa sebagai penunjang dan persiapan tematik Verval DTKS. Kegiatan lain yang kami lakukan di minggu pertama adalah penyusunan strategi dan pengerjaan program kerja yang tematiknya sudah kami pilih. Tidak lupa kami juga melaksanakan tugas mingguan yang harus kami selesaikan yaitu pembuatan video kegiatan, logbook, dll yang bersifat wajib setiap minggunya.Kegiatan kedepannya kelompok 140 akan terjun kelapangan untuk melaksakan program kerja yang sudah kami rencanakan di minggu pertama KKN kolaborasi.

Search