KKN 236 Kembangkan Potensi Usaha Rozy Ecoprint

     KKN Kolaboratif 236 memiliki visi dan misi tersebut lebih mengarah pada pendataan verifikasi data kemiskinan melalui aplikasi DTKS di kabupaten Jember. Hal tersebut bertujuan untuk memuktahiran data kemiskinan yang tidak terstruktur sesuai dengan prosedur dan kriteria sebenarnya. Pemuktahiran data tersebut tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat oleh pemerintah kabupaten sendiri, oleh karena itu dibutuhkan koordinasi dengan mahasiswa sebagai agent of change di masyarakat.

     Selain pemutakhiran data kemiskinan melalui aplikasi DTKS, program kerja selanjutnya adalah mengembangkan potensi UMKM yang ada di Desa Karangrejo. Salah satunya ialah, Rozy ecoprint di lingkungan Kalikotok yang telah berdiri sejak tahun 2019 sampai sekarang. Dalam usaha Rozy Ecoprint ini menyediakan beberapa produk turunan antara lain, kain ecoprint, tas ecoprint (kulit/kanvas), sepatu ecoprint berbahan kulit dan kanvas.

     Dalam pembuatannya terdapat beberapa tahapan mulai dari persiapan awal (menyiapakan kain sebagai bahan dasarnya), lalu tahapan mordanting kain mori, proses pencetakan, pengukusan kain, melepas ikatan kain, fiksasi kain, mencuci dan mengeringkan kain. Dalam pengolahan produk tersebut tentu tidak dapat dilakukan tanpa kerjasama dan bantuan dari orang lain. Tentu tidak menutup kemungkinan akan adanya sebuah hambatan, resiko serta permasalahan dalam setiap pelaksanaannya.

     Permasalahan yang terjadi ecoprint Rozy yaitu adanya kesulitan dalam membaca pasar. Hal ini didukung dengan potensi kualitas produk yang dihasilkan serta brand produk yang sudah mulai dikenal di masyarakat.

     Berdasarkan potensi tersebut yang dapat dilakukan mahasiswa (peran mahasiswa) ialah menjadi penghubung antara produsen dengan konsumen dari produk tersebut. Berangkat dari permasalahan yang diatas, maka yang dapat dilakukan adalah dengan mencocokan produk yang dihasilkan dengan keinginan pasar atau konsumen. Sehingga hasil akhirnya dapat menciptakan inovasi produk yang (trend) kekinian.

Search