Ciptakan Herd Immunity dengan Melakukan Vaksinasi Covid-19

      Kegiatan vaksinasi terus gencar dilakukan untuk menciptakan herd immunity. Mahasiswa KKN Kelompok 67 Universitas Muhammadiyah Jember membantu pelaksanaan vaksinasi yang digelar di Desa Plampangrejo, Cluring, Banyuwangi, Jumat, (27/8/2021).

      Dilaksanakan di balaidesa Plampangrejo, kegiatan ini dilakukan di bawah pengawasan protokol Kesehatan mulai mencuci tangan sampai dengan memakai masker. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa KKN Kelompok 67 juga membagikan masker gratis bagi masyarakat yang hadir di lokasi. “Kami juga mengarahkan kepada masyarakat yang sudah membawa masker namun tidak dipakai.” Ujar Moh Eka Andriansyah.

      Tak hanya membagikan masker, mereka juga membantu ketertiban pelaksanaan vaksinasi mulai dari pendataan sampai mengatur mobilitas masyarakat yang datang. Disediakan kursi tunggu akan masyarakat yang mengantri tidak berjubel dan tetap menjaga jarak. “Agar tidak terjadi penumpukan masyarakat.” ujarnya. Edukasi tentang penerapan prokes di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang juga dilakukan.

      Selama ini banyak masyarakat yang mengindahkan memakai masker bahkan ketika bepergian ke pasar, “Seperti yang kita tahu bahwa pasar merupakan tempat orang berkumpul.” Harapannya, dengan membangun kesadaran warga akan pentingnya menjaga prokes, maka tercipta lingkungan yang sehat dan membantu memutus rantai penyebaran Covid-19.

Search