Bangkitkan kembali UMKM melalui Promosi Online

      Pandemi Covid-19 tidak hanya membawa dampak pada kesehatan, tetapi juga memukul didunia usaha, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Di tengah kondisi itu Universitas Muhammadiyah Jember menjadikan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk pendampingan kepada pelaku UMKM.

      Guna membantu usaha cuci kiloan milik warga di Jl. Karimata No.148 Kel. Sumbersari, Kec. Sumbersari Kab. Jember.Mahasiswa KKN Tematik Covid-19 Kelompok 20 Universitas Muhammadiyah Jember akan membantu menarik konsumen kembali, “Karena selama pandemi konsumen cenderung menurun karena masyarakat khawatir akan virus Covid-19.” terang Ira Sevira, salah satu mahasiswa, Senin, (16/8/2021).

      Selain itu, untuk pelaku UMKM laundry akan diberikan edukasi untuk mengurangi pencemaran lingkungan dengan menerapkan penanggulangan limbah deterjen sisa proses laundry. Candra Andika Fajar, anggota KKN Kelompok 20 menerangkan, kondisi UMKM milik warga memburuk pasca Pandemi COVID -19 dan juga dampak dari aturan PPKM. “Contohnya, UMKM cuci kiloan GG Laundry yang dirintis dari tahun 2005.”

      Sebelumnya, usaha itu hanya menjangkau daerah setempat. Lingkup pemasaran yang sempit dan tidak mengikuti perkembangan bisnis di era digital ini tentu menghilangkan eksistensi dari jasa yang dimiliki,” ujarnya. Untuk membangkitkan kembali, mahasiswa KKN Tematik Kelompok 20 menggagas dengan melakukan pengembangan UMKM sesuai dengan aturan pemerintah yaitu dengan penerapan protokol Kesehatan.

      “Pada tempat laundry kami sediakan hand sanitizer dan pencucian baju yang dilakukan terpisah antar konsumen sehingga menarik kepercayaan masyarakat kembali.” Selain itu, meningkatkan promosi lewat sosial media merupakan salah satu cara yang dinilai efektif. “Selain penyebaran brosur, kita buatkan akun media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk memperluas pemasaran.” Untuk memudahkan, di setiap platform yang digunakan tak lupa dicantumkan nomor untuk mempermudah konsumen yang akan menghubungi.

Search