Pentingnya Menjaga Prokes pada Masa Pandemi Covid-19, KKN Kelompok 57 Bagikan Masker dan Makanan Bergizi kepada Masyarakat di Desa Jatimulyo

      Kesadaran masyarakat di Dusun Darussalam, Desa Jatimulyo, Jenggawah Jember tentang penerapan protokol kesehatan masih sangat minim. Mengaca pada hal itu, mahasiswa KKN Kelompok 57 Universitas Muhammadiyah Jember melakukan penyuluhan pencegahan Covid-19. Dilaksanakan di salah satu rumah warga yang dijadikan posko posyandu,Senin, (23/8/2021).

       KKN Kelompok 37 menjelaskan mulai dari tatacara mencuci tangan yang bersih, cara pemakaian masker yang benar serta asupan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pada masa pandemi. Masih banyaknya masyarakat yang mengabaikan bahkan tidak mau menggunakan masker memiliki banyak alasan, misalnya mereka mengaku sesak nafas karena tidak terbiasa pakai masker, jelas Melda Andriani, salah satu anggota KKN Kelompok 37.

      Tak hanya itu, mereka juga menghimbau masyarakat agar segera melakukan vaksinasi sebagai salah satu upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia khususnya Kabupaten Jember. Melda menjelaskan, ia bersama anggota kelompok lain menjelaskan bahwa vaksin tersebutlah yang nantinya dapat menjadi proteksi yang dapat meningkatkan system kekebalan tubuh, “Soalnya saat ini masih banyak dari masyarakat kita yang takut vaksin.”

      Seperti yang diketahui, bagi seseorang yang telah melakukan vaksinasi, akan meringankan gejala yang dirasakan ketika ia terpapar. Serta memberikan dorongan kuat untuk membangun perlindungan pada orang yang telah pulih dari covid-19. Di akhir kegiatan, dibagikan masker secara gratis dan makanan bergizi bubur kacang hijau serta biskuit kepada warga sekitar. Harapan ke depan, kegiatan penyuluhan seperti ini bisa dilaksanakan rutin baik secara offline dengan mematuhi prokes ataupun online.

Search