Peringatan Idul Fitri 1443H, Khotib: Keluarga dan Tetangga menjadi Prioritas Kebaikan.

     Perayaan Idul Fitri 1443H menjadi momen kebahagiaan berkumpul bersama keluarga setelah Ramadhan termasuk momen saat berbuka, dan sahur.

     Berbuat baik kepada siapapun adalah keharusan, bukan hanya sesama muslim. Keberagaman kebaikan terus menjadi prioritas dalam kehidupan manusia, hal tersebut disampaikan oleh Khotib Sholat Idul Fitri Prof Hairus Salikin MEd di Lapangan Stadion Universitas Muhammadiyah Jember, pagi ini, (2/5).

     Beliau menyampaikan beberapa hal mendasar yang wajib dilakukan oleh manusia pasca Ramadhan yaitu menebar kasih sayang pada setiap insan terutama keluarga, orang tua, dan tetangga. Apabila keluarga, dan tetangga tidak nyaman artinya ada yang salah dengan keberagamaan kita.

     Khotib melanjutkan, fakir miskin di sekitar kita menjadi bagian selanjutnya yang perlu diperhatikan. Karena tidak sempurna iman seseorang apabila kita tidak peduli dengan sekitar.

     Di penutup khotbahnya, khotib berpesan, untuk mempererat silaturahmi dalam keluarga.  Kewajiban anggota keluarga untuk mengetahui fungsinya masing-masing. Menjadi seorang istri dengan tiga syarat, menyenangkan dilihat suami, taat kepada suami, menjaga kehormatan keluarganya. Begitu juga dengan suami harus menjadi panutan kepada keluarganya.

     “Keluarga kita akan menjadi keluarga yang Sakinah Mawaddah wa Rohmah adalah dengan menghormati, dan berbakti kepada kedua orang tua. Karena kedua orang tua mendapatkan posisi yang mulia di dalam Al-Qur’an yaitu pada Surat An-Nisa 36, Surat Lukman 14-15, Surat Al-Isro’ 23-24. Maka tidak ada celah untuk menyakiti kedua orang tua.”

     Setelah dua tahun terhenti karena pandemi, kini pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1443H terlaksana dengan baik dan berhasil. Selama kegiatan berlangsung, jumlah jama’ah sholat Idul Fitri mencapai lebih dari 1300 orang. Sementara yang menjadi imam sholat idul fitri adalah Ustadz Atok Susyanto, Al-Haafidz, dan di hadiri oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Jember Dr Hanafi MPd, Rektorat, dosen, dan warga sekitar.

     Di lain sisi, Universitas Muhammadiyah Jember telah berhasil dan sukses dalam mensemarakkan bulan suci Ramadhan dengan berbagai aktifitas seperti kajian ahad subuh, berbuka bersama, Halaqah Ramadhan, Qiyamul Lail, dan pembagian sembako kepada tenaga kesehatan, dan fakir miskin di sekitar.

Search