Perjanjian Kerjasama UPT Perpustakaan Unmuh Jember & BPS Jember

     Unit Pelayanan Terpadu Perpustakan Unmuh Jember bersama Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember resmi tandangani perjanjian kerjasama, hari ini (30/3).

     Dihadiri oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Jember, Dr Hanafi MPd, Ketua BPS Kabupaten Jember Ir Arif Joko Sutejo MM, Wakil Rektor 1 Unmuh Jember Dr Emy Kholifah MSi dan beberapa kepala unit perpustakaan dari berbagai kampus di Kabupaten Jember.

     Perjanjian kerja sama antara Perpustakaan Unmuh Jember dengan BPS Unmuh Jember merupakan bentuk sinergi penjalinan kerjasama ke sepuluh yang dilakukan. Hal ini membuktikan bahwa UPT Perpustakaan telah banyak menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada seluruh mahasiswa internal maupun eksternal.

     Di sisi lain, Ketua UPT Perpustakaan Unmuh Jember Berlian Eka Kurnia SIIP MA menyebutkan bahwa unit perpustakaan yang ia pimpin telah berada pada tingkat Akreditasi A sejak tahun 2017, kemudian memperoleh tingkat Akreditasi A kembali pada tahun 2020.

     "Tingkat pelayanan perpustakaan juga semakin membaik dari tahun ke tahun, pasalnya, perpustakaan yang awalnya masih menggunakan meja dan kursi layaknya belajar di sekolah, kini pengunjung perpustakaan dapat menikmati membaca buku seperti di rumah sendiri.”ungkapnya.

     Selain menjadi tempat bersantai sambil membaca, saat ini UPT Perpustakaan akan menjadi tempat ternyaman bagi mahasiswa untuk menemukan inspirasi, membuka wawasan, hingga menyelesaikan masalah hanya dengan membaca buku.

    Arif seringkali menjelaskan kebutuhan-kebutuhan data adalah kebutuhan yang paling berpengaruh bagi berlangsungnya kehidupan. Dari data tersebut, tambahnya, pihaknya dapat memonitoring bahkan dapat memprediksi kemungkinan hal yang akan terjadi di masa yang akan datang.

    "Sensus, Survei dan Bigdata menjadi fokus kami saat ini. Terutama Bigdata yang sangat fenomenal dan bisa memprediksi suatu kejadian" jelasnya.

     Didorong oleh sistem pelayanan yang bermutu, UPT Perpustakaan Unmuh Jember bersama BPS Kabupaten Jember memperkenalkan sebuah sistem aplikasi TAJEMSTRA yang dapat diunduh di Play Store. Sebuah aplikasi buatan BPS Jember tersebut dapat digunakan oleh siapapun (Open Source) yang bertujuan untuk memberikan sebuah data-data seperti data tingkat kemiskinan, data penduduk, pertumbuhan ekonomi dan lain-lain.

Search