Universitas Muhammadiyah Jember Gelar Wisuda Ke-44

 

    Universitas Muhammadiyah Jember menggelar Wisuda Pascasarjana, Sarjana, Diploma Semester Ganjil 2020-2021 ke-44 secara luring di Gedung Serbaguna Ahmad Zainuri yang dibagi menjadi dua sesi dengan total 501 wisudawan, Minggu-Senin, (11-12/4/2021).

    Pada sesi pertama terdapat 251 wisudawan dengan teknis pelaksanaan mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok, 100 berada di di dalam gedung sementara sisanya berada di luar gedung untuk menunggu giliran. Seperti yang diutarakan oleh Ketua Pelaksana, Dr. Nikmatur Rohmah, M.Kes, teknis pelaksanaan wisuda dilakukan dengan menghindari kerumuman dan sesuai protokol kesehatan Covid-19. Seusai prosesi wisuda, wisudawan langsung keluar dari gedung tanpa kembali ke tempat duduk, "Itu juga masih dibagi dengan sistem nomor ganjil genap dimana yang genap keluar dari gerbang fakultas teknik sementara yang ganjil keluar melewati gerbang utama dengan disediakan ojek internal."

    Sementara untuk wali mahasiswa tidak kami libatkan tetapi mereka bisa menyimak secara live di youtube um jember, jelas Nikma. Membuka acara wisuda, Rektor UM Jember, Dr. Hanafi MPd mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan kepercayaannya dengan menimba ilmu di kampus UM Jember. "Satu tahap kehidupan saudara telah dilewati dengan sukses." pesan Hanafi. Ini merupakan satu titik bahwa mahasiswa telah berada pada tanggung jawan yang baru. Hadapi dunia yang baru tapi jangan dengan cara yang lama. Hanafi memberikan pesan kepada para wisudawan agar memegang prinsip disiplin."Tingkatkan disiplin dan menghargai waktu." Turut hadir pula secara daring, Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Lincolin Arsyad, M.Sc., P.hD, wisuda ke-44 UM Jember mudah-mudahan menandakan kematangan dari UM Jember. Ke depannya, keberadaan UM Jember bisa terus mendatangkan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Jember khususnya dan bagi masyarakat Jawa Timur maupun Indonesia.

     Lincolin berujar bahwa ada 4 syarat yang harus dimiliki oleh wisudawan sehingga bisa menjadi manusia yang paripurna, yaitu profesional, bisa menyesuaiakan dengan perubahan, mumpuni, dan menjadi kader yang baik. "Tak hanya menjadi sarjana, namun tiap individu harus berinovasi dan kreatif sehingga lulusan UM Jember bisa bermanfaat bagi sekitarnya dan orang lain. Sementara Sekretaris Dinad Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang turut bergabung melalui zoom mengucapkan selamat untuk para wisudawan/i sehingga siap untuk mengabdikan ilmunya untuk Jawa Timur, Indonesia, bahkan dunia.

    Kemajuan sebuah negara sangat tergantung kepada SDM yang deimiliki, "Karena kekayaan SDA saja tidak menjamin kemajuan suatu negara." Untuk itu, Perguruan Tinggi harus mengajarkan, membangun daya juang untuk memperbaiki kualitas SDM.

Search