Berita Terkini

UM Jember - Kunjungan Dinas Rektor UM Jember ke Jepang memberikan hasil yang memuaskan untuk UM Jember. Ditanda tangani langsung oleh Rektor UM Jember bersama Prefectural University of Hiroshima Jepang secara resmi telah saling menandatangani kontrak kerjasama. Prefectural University of Hiroshima Jepang merupakan salah satu kampus negeri yang dimiliki Jepang, didirikan pada tahun 2005. dengan hadirnya kerjasama ini diharapkan mampu menambah semangat internasional di civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Jember. (15/11/19)

Selain terjalinnya kerjasama bersama PUH Jepang, Rektor Dr. Muhammad Hasmi,DESS,bersama Ketua LP3 Dr. Tanzil Huda, M.pd, bersama Prof. Dr. Yuli Witono, MP., Universitas Jember mengikuti beberapa acara yang laiinnya yakni Miny Symposium, Student Exchange untuk mahasiswa dan Guest Lucture.

Rektor UM Jember mengatakan bahwasannya kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa terutama untuk melanjutkan studi ke luar negeri. "Kesempatan sangat bagus untuk mahasiswa apalagi dalam kegiatan akademis, ini akan menjadi tolak ukur bagi diri mereka sendiri." tutur rektor dalam pembekalannya. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini adalah 2 mahasiswa UM Jember Mega Silvia dan Zahir bersama 3 mahasiswa Unej Bella Rhia, Dinda Aulia, dan Danar Ilma. Dan dalam kegiatan Miny Symposium UM Jember dan PUH Jepang mengutus Dr. Tanzil Huda M.pd yakni dosen FKIP UM Jember sebagai narasumber dalam presentasi ilmiah.

UM Jember – Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika menjadi tuan rumah rapat kerja nasional asosiasi program studi atau Rakernas APSI. Dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 8 November – 10 November 2019 di Meotel Jember. dibuka langsung oleh Rektor UM Jember Dr. Ir. Muhammad Hazmi DEES dan dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik dan seluruh peserta APSI seluruh Indonesia diantaranya Yogyakarta, Jakarta, Tanggerang, Pontianak, Magelang, Lamongan, Bengkulu, Makasar, Surabaya, Purwokerto, Surakarta, Semarang, Brebes, Ponorogo, Malang, Sidoarjo. Rakernas merupakan tindak lanjut dari Asosiasi Program Studi Teknik Informatika (APSI) guna menyusun langkah dan upaya untuk melaksanakan program kerja yang sudah disepakati melalui suatu rapat koordinasi antar prodi Informatika dari semua perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Menurut Yeni Dwi Rahayu S.ST., M.Kom. yang sekaligus ketua Program Studi Informatika mengutarakan bahwa acara rakernas ini tidak rutin dilaksanakan. “Acara ini tidak terjadi setiap satu tahun sekali, untuk tahun ini saja sudah 2 kali. Sebelum acara rakernas di Jember sudah dilakukan di Riau” tuturnya.

Narasumber untuk acara ini adalah Sri Handayaningsih, Jumail, M.Sc UM Jakarta, Azhari, Ilyas Nuryasin UM Malang, Nur Hayatin UM Malang, Heru Supriyono UM Surakarta, Harun Mukhtar UM Riau, Risnal Diansyah UM Riau, Asroni UMY, Nur Rochmah UAD, Reza Giga Isnanda UMY, Rusydi Umar UAD, Rohmat Taufiq UMT, Yulrio UM Palangkaraya, Dyah Mustikasari UM Ponorogo, Dedy Abdullah UM Bengkulu.

P. Sunardi, ST.,MT.,Ph.D sebagai ketua panitia Rakernas APSI ini mengatakan bahwa tujuan dari rakernas untuk mengajak semua program studi teknik informatika ataupun yang serumpun untuk bersama-sama menyusun dan melaksanakan program-program kegiatan yang dapat mendukung program studi untuk menjadi unggul di bidang Informatika sesuai dengan kompetensi masing-masing perguruan tinggi.

Lembaga Pengembangan Agama Islam dan Kemuhammadiyahan (LP-AIK) Universitas Muhammadiyah Jember menggelar Shalat Istisqa’ di halaman gedung utama kampus pukul 12.30 WIB, Sabtu (26/10/2019). Shalat istisqa diikuti oleh pimpinan dan jajaran dosen, karyawan, mahasiswa dan masyarakat umum sekitar UM Jember.

LP-AIK bekerjasama dengan ta’mir masjid Al Qalam UM Jember selenggarakan shalat istisqa’ bermula dari permintaan civitas akademika terutama dosen dan mahasiswa. “Shalat Istisqa’ ini bermula dari keinginan mahasiswa dan dosen yang tersalurkan melalui LP-AIK dan akhirnya kami bekerjasama dengan ta’mir masjid Al-Qalam untuk mewujudkan upaya ikhtiar ini di lingkungan Universitas Muhammadiyah Jember.” demikian ujar Dhofir Catur Bashori sekretaris LP-AIK sekaligus dosen Agama Islam UM Jember. Shalat Istisqa’ ini sengaja digelar terbuka dihalaman universitas agar dapat diikuti oleh masyarakat umum.

KH. Kusno, S.Ag., MPd.I Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Jember sebagai khatib pada shalat istisqa’ mengatakan bahwasannya musim kemarau adalah musim yang telah jelas dalam teori dan selalu terjadi setiap tahunnya. Tetapi ketika kemarau terjadi secara berkepanjangan termasuk hukuman dari Allah SWT atau teguran bagi manusia. Akibat dari tidak jujurnya manusia terhadap menunaikan zakat dan tidak mensucikan hartanya dengan baik. Selain itu dalam ceramahnya beliau menerangkan bahwasannya kemarau berkepanjangan adalah peringatan Allah SWT kepada manusia untuk selalu ingat kepada akhirat dan tidak sangat cinta duniawi.

Rektor UM Jember Dr. Ir. Muhammad Hazmi DESS menuturkan, Shalat Istisqo digelar merupakan bentuk ikhtiar kepada Allah SWT segera menurunkan hujan. “Ini sebagai salah satu bentuk ikhtiar batin dan spiritual kampus UM Jember sebagai upaya memohon kepada Allah SWT untuk menurunkan hujan mengingat banyaknya peristiwa kekeringan dan kebakaran di Kabupaten Jember.” tuturnya.

Beberapa kurun terakhir Kabupaten Jember mengalami kekeringan dibeberapa daerah, kebakaran hutan dan kebakaran ruko serta rumah. Dan Universitas Muhammadiyah Jember menjadi bagian dari Kabupaten Jember ikut berdoa pula sangat berharap semoga dengan ikhtiar dan tawwadu’ melalui shalat istisqa’ ini kemarau berkepanjangan lekas berakhir. Aamiin.

UM Jember. Menjelang akhir tahun 2019 tiga program studi secara berurutan Mendapat predikat terakreditasi A oleh badan akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Diawali dari bulan September hingga oktober ke empat program studi itu diantarannya program studi Manajemen, Program Studi Agribisnis dan Program Studi Agroteknologi.

Hal ini tertuang dalam SK BAN-PT No.3285/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019 tanggal 03- September-2019 menyatakan Status Terakreditasi Program Studi Manajemen mendapat Peringkat A, menurut SK No. 3856/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019 tanggal 15-Oktober-2019 menyatakan Status Terakreditasi A Program studi Agribisnis dan SK No. 3932/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019 tanggal 16-Oktober-2019 menyatakan Status Terakreditasi Program Studi Agroteknologi mendapat Peringkat A.

Dengan perolehan Peringkat A ini menunjukkan bahwa UM Jember telah terbukti mengedepankan kualitas dalam setiap proses catur Dharma Perguruan Tinggi dan hal ini merupakan komitmen bersama seluruh sivitas akademika UM Jember untuk selalu meningkatkan kualitas agar menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki daya saing sehingga bisa memberikan darma baktinya kepada bangsa dan negara yang islami.

Iin Ervina ,S.Psi., M.Si ketua Lembaga penjaminan mutu UM Jember mengatakan “Akreditasi diperlukan untuk menjamin mutu dari suatu lembaga pendidikan. Selain itu untuk masyarakat umum, akreditasi juga bisa menjadi alat untuk mengukur sistem penjaminan mutu suatu Perguruan Tinggi dalam melakukan proses belajar mengajar. Imbuhnya, bila program studi berakreditasi A, maka program studi tersebut dianggap bermutu baik sehingga mahasiswa akan mendapatkan jaminan yang berkualitas saat menjalankan studi. “Jaminan ini tak hanya diperoleh pada proses pembelajaran, tapi juga pada proses rekruitmen dan penyerapan alumni di dunia kerja” Lebih lanjut, kata Iin Ervina, para lulusan program studi berakreditasi A akan mendapat kesempatan bekerja di berbagai instansi swasta ataupun pemerintah.

Bagi program studi, kondisi ini amat menguntungkan dalam penerimaan mahasiswa. Diyakini, animo masyarakat akan terus meningkat untuk memilih program studi berakreditasi A, karena orangtua menjadikan akreditasi pada perguruan tinggi sebagai barometer mutu sebuah perguruan tinggi. Selain itu, program studi juga akan mendapatkan berbagai hibah dan fasilitas lainnya dari pemerintah. Tak hanya itu, program studi berkreditasi A juga berpeluang membuka program S2 bahkan S3. Selamat dan sukses UM Jember.

UM Jember – Lembaga Pengelola Publikasi dan Disertasi Ilmiah (LP3DI) UM Jember berhasil raih Akreditasi Jurnal Nasional di Sistem Arjuna (Akreditasi Jurnal Nasional) Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. 10 besar nasional se-PTMA berdasarkan banyak jumlah jurnal yang lolos akreditasi. rank 3 Perguruan Tinggi se-Kabupaten Jember berdasarkan tingkat skor dalam SINTA (Science and Technology Index). Dan rank 2 Perguruan Tinggi se-Kabupaten Jember berdasarkan jumlah jurnal terakreditasi nasional (23/10/2019).

Publikasi jurnal ilmiah berperan sangat penting mengingat adanya syarat kenaikan setiap jenjang jabatan untuk fungsional dosen, peneliti, guru, widyaiswara, perekayasa serta fungsional lainnya. Persyaratan kelulusan bagi mahasiswa magister dan doktor dalam standar nasional pendidikan tinggi pula memerlukan syarat yang serupa. Akreditasi Jurnal Ilmiah adalah pengakuan resmi atas penjaminan mutu jurnal ilmiah melalui kegiatan penilaian kewajaran penyaringan naskah, kelayakan pengelolaan, dan ketepatan waktu penerbitan jurnal ilmiah. Dalam rangka memenuhi kebutuhan jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan reformasi birokrasi pelayanan akreditasi jurnal ilmiah nasional maka Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengeluarkan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 9 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah.

Dengan adanya peraturan tersebut Universitas Muhammadiyah Jember terus mendorong mahasiswa dan dosen untuk terus melakukan penelitian dan pengabdian yang diimplementasikan dalam bentuk kegiatam dan jurnal. Jurnal yang telah dibuat dan hendak dipublikasikan UM Jember mempunyai LP3DI yakni Lembaga yang menjadi wadah mahasiswa dan dosen untuk memperoleh pendampingan dengan uji petik jurnal dan penyesuaian kebutuhan antara jurnal dan kebutuhan akreditasi sehingga jurnal yang telah di ajukan pada Arjuna lolos dengan mudah.

Pada periode I dan II berhasil meraih 6 jurnal terakreditasi nasional. Periode III jurnal prodi Bahasa Inggris terakreditasi nasional dengan rank 5 SINTA. Periode 3 jurnal Ekonomi Manajemen terakreditasi nasional dengan rank 4 SINTA. Periode 4 jurnal prodi Ilmu Komunikasi, Ekonomi Manajemen Pascasarjana terakreditasi nasional dengan rank 5 SINTA. Periode 5 program studi agribisnis, hukum dan LPPM dibidang penelitian terakreditasi nasional. Sehingga secara keseluruhan UM Jember memperoleh 13 Jurnal terakreditasi nasional oleh Kemenristek Dikti ditahun 2019.

Dr. Juariyah, M.Si selaku ketua LP3DI UM Jember mengatakan bahwasannya akreditasi jurnal nasional ini sangat berpengaruh terhadap penilaian kualitas dan kuantitas SDM dan Alumni dan kini hasil yang dicapai sangat memuaskan dilihat dari peningkatan rank jurnal UM Jember. “Alhamdulillah. Semoga kedepannya semakin banyak jurnal yang lolos akreditasi nasional dan dapat meningkatkan rank jurnal universitas.” Ujarnya.

Jauh sebelum Indonesia merdeka Muhammadiyah telah banyak ikut andil dalam mensejahterakan masyarakat dengan nilai-nilai islam. Selaras dengan surah Ali Imran ayat 104 “ Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.”Menjalankan dakwah Islam secara teorganisasi, muhammadiyah bergerak bersama bekal penegasan tentang hidup berorganisasi.Maka dalam butir ke-6 Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah dinyatakan, melancarkan amal-usaha dan perjuangan dengan ketertiban organisasi, yang mengandung makna pentingnya organisasi sebagai alat gerakan yang niscaya. Kini telah banyak berdiri rumah sakit, panti asuhan, dan tempat pendidikan di seluruh Indonesia yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Mengingat hal tersebut Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur pada Sabtu, 19 Oktober 2019 menyelenggarakan Sosialisasi Pengesahan Pendirian Amal Usaha Muhammadiyah dan Nomor Induk Berusaha (NIB) dibuka langsung oleh Prof. Dr. Thohir Luth, MA. Sosialisasi ini dihadiri oleh wakil rektor III Asmuji M, Kep mewakili rektor, jajaran dan pimpinan serta dosen Universitas Muhammadiyah Jember, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) dari Jember, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi digedung ahmad zaenuri UM Jember. Sosialisasi Pengesahan Pendirian Amal Usaha Muhammadiyah dan NIB disampaikan oleh Fityan Izza Noor Abidin, SE., MSA, Wiwit Hariyanto, SE., M.Si, Istian Krisya, ST/. M.Kom, Anwar Hariyono, SE.M.Si.

Sosialisasi mengenai pengenalan bagaimana runtutan, tujuan, dan teknis mulai dari pendirian hingga pengesahan AUM. Setelah itu dilanjutkan Penjelasan Detail Sistem Pengesahan Pendirian AUM. Dari sosialisasi ini peserta Kepala Pgoram Studim PDM, PDA, PDA, PCM, dan PCA akan memperoleh model pendampingan AUM yang akan mengkoordinasikan pendampingan AUM dengan coordinator wilayah (Korwil).

Dalam sambutannya Prof. Dr. Thohir Luth, MA menjelaskan bahwasannya kegiatan ini adalah bentuk upaya penertiban sekaligus bekal untuk pengetahuan bagaimana teknis-teknis pelaksanaan pendirian amal usaha muhammadiyah khususnya untuk warga muhammadiyah. “Amal usaha muhammadiyah akan terus berkembang dan pasti bermanfaat sehingga perlu adanya sosialisasi berkelanjutan. Hingga terlaksanalah sosialisasi ini semata untuk memberi ilmu bagaimana pelaksanaan pendirian Amal Usaha Muhammadiyah yang tertib sesuai aturan pemerintah” ujar beliau.

UM Jember – Mahasiswa Fakultas Psikologi UM Jember berhasil meraih Kejuaraan Nasional sekaligus mewakili UM Jember menghadiri Temu Ilmiah Asosiasi Psikologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia pada Sabtu, 12 September 2019 di Universitas Muhammadiyah Surabaya. Peraih juara dari mahasiswa fakultas psikologi yakni Syahrul Ramadhani sbg Juara 1 Psikophoto dan Ella Dwi Cahyaningrum sbg Juara II Psikopaper.

Syahrul dan Ella didampingi langsung oleh pembantu dekan fakultas psikologi yakni Panca Kursistin Handayani, S.Psi.,M.A., Psikolog, dan dosen fakultas psikologi Danan Satriyo Wibowo, S.Sos., M.Si.

“dalam berbagai kesempatan fakultas psikologi akan mengikut sertakan mahasiswa dalam kegiatan apapun yang sifatnya akademik atau keilmuan. Baik secara teori dan praktek. Dengan demikian pengalaman dan ilmu seiring akan bermanfaat. Selamat kepada Syahrul dan Ella telah meraih juara nasional di kesempatan Temu Ilmiah kali ini.” Ujar Panca sebagai pembantu dekan fakultas psikologi.

UM JEMBER – Tak hanya hard skill, mahasiswa penting memiliki soft skill untuk bekal saat duduk di bangku kuliah dan usai lulus kuliah nanti. Melihat pentingnya soft skill, Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) memberikan pembinaan soft skills kepada 1547 mahasiswa baru. Tepat pada 3 Oktober 2019 Kegiatan Pelatihan Soft skill dibuka langsung oleh Ketua Panitia Kegiatan Dhian Wahana Putra. M.Pdi.

“Soft skill dalam kegiatan ini bertujuan untuk memberikan stimuls mahasiswa terhadap keterampilan halus untuk menyeimbangkan degan akademik. Yangg nantinya kegiatan ini akan disajikan dalam 2 model yaitu indoor dan outdoor. Dengan Materi outdoor yang berbentuk outbond tentang kekompakan tim, ketangguhan menghadapi tantangan, kepemimpinan, kerjasama, dan lain sebagainya”. Jelas Dhian Wahana Putra. M.Pdi. selaku ketua panitai Softskills.

Kegiatan Pelatihan Softskill Mahasiswa Baru Akademik 2019/2020 UM Jember terbagi menjadi tiga gelombang selama 9 hari berturut-turut sejak tanggal 3 Oktober 2019 sampai 19 Oktober 2019 bertempat di Gedung Zainuri Universitas Muhammadiyah Jember. Imbuh Dhian Dhian Wahana Putra. M.Pdi. *AD Sumber : Panitia Soft Skill 2019

Reporter : Amara Diva

Photo : Amara Diva

Editor : Humasumjember

UM Jember - Bentuk Kreativitas dalam membuat olahan makanan tak perlu diragukan lagi. Orang-orang selalu bisa menciptakan makanan yang inovatif dan tak terpikirkan sama sekali sebelumnya. Dalam proses penyajiannya, biasanya makanan akan dicampur dengan bahan makanan lain hingga menjadi satu sajian atau kemasan yang lebih memiliki nilai tinggi.

Dengan membaca frnomrna yang terjadi tersebut, pada Rabu 25 September 2019 Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember gelar acara Stadium General dengan mengundang tiga narasumber diantarannya yakni Prof. Patricia Rayas Duarte, Ph.D dari Oklahoma State University, USA (Departement of Biochrmidtry and Molecular Biology), Prof. Dr. Yuli Witono, MP (FANRes International Network) dan rektor UM Jember Dr. Ir. Muhammad Hazmi, D.E.S.S dengan mengusung tema “Key Strategis For Food Innovation – Global & Local Cases“ di ruang rapat gedung A lt. 2.

Dalam oral presentation Prof. Patricia Rayas Duarte, Ph.D mengatakan Strategi untuk inovasi makanan pada dasarnya ada pada ketersediaan bahan yang sustainable dan ketahanan sistem produksi pangan serta pemanfaatan berkelanjutan keanekaragaman hayati pertanian dan sumber daya genetik dalam skenario lokal dan global.

Sedangakan pada narasumber kedua Prof. Dr. Yuli Witono, MP membahas tentang The Advantages of Indonesia’s Local Food Resources in the World Food Mega Trend dan pada narasumber ketiga Dr. Ir. Muhammad Hazmi, D.E.S.S IMPROVING OF GENETIC TRANSFORMATION METHOD IN SUGARCANE.

Acara Stadium General di laksanaakan selama tiga Jam dengan uraian agenda dua jam sebagai waktu pemaparan materi narasumber dan satu jam sebagai sesi diskusi untuk mahasiswa dan dosen. Kegiatan diikuti oleh mahasiswa pertanian dan Dosen pertanian UM Jember.

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi

OffCanfas (ID)