FT UM Jember Inginkan Sinergi Semua Pihak untuk Terapkan Konsep Smart City Di Karisidenan Besuki

 

UM Jember. Smart City atau kota cerdas merupakan sebuah konsep yang dapat membantu masyarakat mengelola sumber daya dengan effisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat.

Smart City merupakan impian dari hampir semua Negara di dunia, dengan Smart City, berbagai macam data dan informasi yang berada di setiap sudut kota dapat dikumpulkan melalui sensor yang terpasang di setiap sudut kota, dianalisis dengan aplikasi cerdas, selanjutnya disajikan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Konsep “smart city” atau kota cerdas kini mulai diterapkan di berbagai kota besar di Indonesia. Konsep ini merupakan impian bagi kota-kota di Indonesia karena diyakini bisa menyelesaikan berbagai masalah perkotaan seperti kemacetan, penumpukan sampah, dan keamanan warga kota.

Fakultas Teknik UM Jember nampaknya merespon baik atas adanya konsep Smart City ini, terbukti  baru-baru ini pada Rabu, 04 Oktober 2017 telah menyelenggarakan acara SENSEI 2017 (seminar nasional science dan teknologi Indonesia) bertempat di Gedung Zaenuri UM Jember dengan mengusung tema “Pengembangan smart city menuju pembangunan kota yang cerdas dan berkelanjutan”,  berharap dapat memberikan pandangan baru bagi mahasiswa, dan peserta seminar lainnya.

“Penerapan Smart City atay kota cerdas diberbagai aspek kehidupan yang semakin berkembang dikota-kota besar, terutama karena minat masyarakat indonesia yang semakin tinggi terhadap teknologi informasi”.  Ujar Ilanka Cahya Dewi, ST MT dosen Teknik Sipil.

“Acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik UM Jember ini menginginkan terciptanya sinergi antara akademisi, praktisi dan profesional untuk mengembangkan konsep tata kota yang memanfaatkan teknologi informasi, guna membangun kota cerdas dan berkelanjutan, terutama di Wilayah Karisidenan besuki.” Imbuh Ilanka Cahya Dewi, ST MT dosen Teknik Sipil.

Acara berlangsung lancar dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan diikuti 650 peserta seminar terdiri dari akademisi seperti dosen,mahasiswa, pemakalah, serta praktisi. Dalam pembukaannya acara ini dibuka langsung oleh Rektor UM Jember Dr Ir M Hazmi DESS. Sebagai narasumber utama yakni Dr Ir Budi Sugiarto MSP dengan materi Strategi Pengembangan Wilayah Perkotaan dan narasumber kedua adalah Prof. Drs.Ec.Ir Riyanarto Sarni, SE,Msc.Phd dengan materi Pengembangan Teknologi Informasi untuk Pengelolaan Wilayah Perkotaan. Selama seminar berlangsung seminar ini dipandu oleh moderator Bapak Arie Eko Wardoyo ST., MT selaku dosen di fakultas teknik.

“Pada intinnya dengan terselenggarannya acara tesebut pengembangan smart city perlu didasari oleh smart peoples, karena perkembangan teknologi juga perlu kesiapan dari mahasiswa sebagai pengguna, agar bisa memanfaatkan teknologi secara tepat dan dalam pelaksanaanya diperlukan sinergi antara berbagai disiplin ilmu semua prodi di fakultas teknik bisa bekerjasama untuk mewujudkan smart city” terang  Ilanka Cahya Dewi, ST MT dosen Teknik Sipil.

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi