Fakultas Pertanian: Siapkan Fasilitator Untuk Program Desa Organik

foto: Humasunmuh photography

UM Jember. Menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam IPTEKS bernafaskan nilai-nilai Keislaman adalah visi yang ingin dicapai oleh UM Jember. Kowladge, Morality, Civilization .

Untuk mencapai visi tersebut selain  menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan mutakhir juga perlu menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan umat. Menyelenggarakan pengelolaan Universitas yang amanah dan transparan. Menyelenggarakan kerjasama dengan pihak lain yang saling memberi manfaat. Hal yang sedemikian itu merupakan langkah dan misi bagi UM Jember untuk terus membangun, berkembang dan berkemajuan.

Sabtu, 29 Juli 2017 fakultas pertanian UM Jember telah berupaya untuk ikut serta dalam mensukseskan misi yang telah digagas untuk kampus UM Jember dengan mengadakan kegiatan pelatihan Pra Tugas Fasilitator Desa Organik Desa Seruni Kecamatan Jenggawah Jember. Kegiatan tersebut adalah melaksanakan misi  penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan umat salah satunnya adalah dengan program pengabdian tersebut.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai tanggal 29-30 Juli 2017 bertempat di fakultas pertanian . acar yang dilaksanakan oleh TIM Pelaksana Program IPTEKS Bagi Desa Mitra  yang di ketuai oleh DR Ir M Hazmi DESS ini mengajak beberapa mahasiswa sebagai tim fasilitator dalam pelaksanaannya. Grand Tema dakam kegiatan ini adalah “optimalisasi ketersediaan produk-produk pertanian berbasis Organic Farming menuju Gaya Hidup sehat melalui sistem pertanian terpadu di desa seruni kecamatan jenggawah kabupaten Jember”. Ujar ketua tim Pelaksana.

Materi-materi yang disampaikan diantaranya: 

1. pertanian berkelanjutan dan sistem pertanian terpadu oleh Dr IR M Hazmi DESS

2. Pembuatan Local Miciorganism (MOL) dan pestisida nabati serta Herbsida Organik cair oleh Ir Arief Akhmadi ., MP

3. Sistem Pertanian Organilk oleh M Iwan Wahyudi MP

4. Pembuatan pupuk padat dan cair dan prosedur analisis tanah untuk penentuan bahan organik (Unsur Hara dalam tanah dilahan pertanian) oleh Ir Ihsan Wijaya MP

5. Siklus desa Organik (Tahap RKMK, RPB, PSPA, dan pembangunan OFI)

6. Tahap penyusunan PJM Renstragonik, Pembentukan AD, Sinergi dengan Pemda/Swasta, Implementasi dan Supervisi, Evaluasi dan review perencanaan partisipatif PJM Renstragonik oleh Syamsul Hadi SP., MP

7. Pembuat Rencana Tindak lanjut RKT 

8. Gambaran Profil Desa Seruni Kecamatan Jenggawah oleh H. Nanang Kusminamo SH

Kedelapan materi ini disusun melalui beberapa pengamatan yang sebelumnya telah dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Sehingga harapan terbesar dari kegiatan ini adalah dapat terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat untuk masyarakat terutama desa seruni atas ketercapaian yang dilakukan. Ujar Syamsul Hadi SP., MP. (AI)

 

 

 

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi