Dua Mahasiswa UM Jember Raih Dua Juara dalam Nasional Essay Tuberculosis

Dua mahasiswa UM Jember atas nama Bintari puspa alvirosa dan Yulanda Irma Tiara dari fakultas ilmu kesehatan telah berhasil menjadi pemenang dalam lomba Essay tingkat Nasional yang diadakan oleh RS. Paru Jember dalam memperingati hari TBC se-dunia (27/03).

Essay juara pertama berjudul “KAMOO TB: STRATEGI PENINGKATAN PERAN KELUARGA DALAM KEBERHASILAN PENGOBATAN TB dibuat oleh Bintari puspa alvirosa dari fakultas UM Jember.

Essay juara ketiga yang di buat oleh Yulanda Irma Tiara berjudul KASET BES-C (Kampung Sehat Bebas Tuberculosis).

Disampaikan pada humas UM Jember dalam kesehariannnya dua mahasiswa tersebut juga membagi waktunnya untuk berorganisasi dan tercatat sebagai anggota aktif ikatan mahasiswa muhammadiyah jember pada komisariat as syifa Fakultas Kesehatan. Mereka berhasil menjadi juara pertama dan ketiga daintara 107 essay yang diterima oleh panitia pelaksana.

Yulanda mengatakan”Sebagai seorang tenaga kesehatan kita harus memiliki peran yaitu promotif (promosi kesehatan)”

“Dan hal ini bisa dilakukan juga dengan bantuan kader kesehatan dari masyarakat, untuk menghimbau pentingnya perilaku bersih dan sehat (PHBS) karena dari kondisi rumah yang kotor, sanitasi lingkungan yang kurang, juga dapat meningkatkan penyakit TBC, selain itu masyarakat juga harus mengetahui tanda dan gejala TBC agar bisa tau dan membantu untuk segera menangani penularan penyakit TBC,” ungkap yulanda saat di temui setelah pengumuman juara esaay di RS Paru.

” Ayo TOSS TB (Temukan obati sampai sembuh Tuberculosis) tegas Mahasiswa kesehatan Unmuh Jember itu.

Sumber: immjember.or.id

Editor; humasumjember

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi

OffCanfas (ID)