UM JEMBER BUKA PRODI BARU KE 28 : TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN

UM Jember secara resmi telah berhasil membuka satu prodi baru sesuai dengan Surat keputusan menteri riset, teknologi, dan pendidikan tinggi nomor 1259/KPT/I/2018 tentang izin pembukaan program studi teknologi industrI pertanian program sarjana pada Universitas Muhammadiyah Jember dikabupaten Jember. Untuk itu, sabtu (9/2) kepala LLDIKTI Prof. Dr.Ir Suprapto, DEA selaku Kepala wilayah 7 secara resmi datang kekampus UM Jember untuk menyerahkan surat keputusan program studi baru tersebut sekaligus memberikan pengarahan kepada para tamu undangan yang terdiri dari Dosen dilingkungan UM Jember dan beberapa tamu undanagan sekolah tingkat SMA sekitar Jember Kota.

“dengan dibukanya program studi baru di UM Jember semoga bisa memberikan warna baru bagi pendidikan di Indonesia, yang sejauh ini memang program studi Teknologi Industri Pertanian telah banyak dibeberapa universitas di Indonesia namun saya harap di Jember ini memiliki perbedaaan dari yang lainnya sehingga bisa juga menjadi unggulan” Jelas Prof. Dr.Ir Suprapto.

Menurut Rektor UM Jember Dr.Ir M Hazmi DESS program studi baru ini merupakan program studi ke 28 yang dimiliki UM Jember sejak 1981 berdiri. “dengan ucapan syukur kita patut bangga atas ketercapaian Fakultas Pertanian beserta seluruh komponen yang terlibat dalam rangka penggagasan dan kesiapan-kesiapan lainnya sehingga pada akhirnya prodi baru ini bisa diterima dan disetujui oleh RISTEKDIKTI dan ingsyaallah tahun akademik 2019/2020 telah siap untuk menerima mahasiswa baru angkatan pertama” terang Rektor.

Berdasarkan surat Rektor Universitas Muhammadiyah Jember pengajuan Prodi Teknologi Industri Pertanian telah diajukan ke pihak kemenristekdikti sejak tahun 2017 dengan Nomor 1331/UND/II.3.AU/F/2017 tanggal 29 Mei 2017 dan Surat Koordinator koordinasi perguruan tinggi swasta wilayah VII Nomor 1507/K7/KL/2017 tanggal 17 Juli 2017, dan akhirnya ditetapkan pada tanggal 28 Desember 2018 secara resmi telah disetujui.

Menurut Nurul Farthiyah Fauzi M.P selaku Dosen Fakultas Pertanian mengatakan bahwa program studi Teknologi Industri Pertanian menitikberatkan pada proses kegiatan pasca panen. Artinya pada program studi ini akan dipelajari cara mengolah hasil pertanian agar menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi. Program studi Industri Pertanian mempelajari tentang teknologi industri pertanian dengan model pembelajaran berbasis riset. Pembelajaran dengan dasar penelitian akan menghasilkan mahasiswa yang mampu menciptakan temuan baru dalam agrikultur dengan mengedepankan value inovatif serta dapat membuat karya ilmiah menarik yang layak dipublikasikan.

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi

OffCanfas (ID)