Workshop Penulisan Artikel Ilmiah pada Jurnal Nasional Terakreditasi

Publikasi ilmiah dalam jurnal bereputasi sudah menjadi kewajiban dan tuntuan dari pemerintah yang harus dipenuhi oleh setiap dosen. Hal ini sebenarnya sudah sejalan dengan tridharma perguruan tinggi, khususnya unsur penelitian. Kewajiban penelitian dan publikasi ilmiah sudah jadi bagian dari setiap proses kenaikan jabatan fungsional akademik, dan semakin hangat dibahas saat keluarnya Permenristekdikti No. 20 Tahun 2017 tentang Pemberian Tunjangan Profesi Dosen Dan Tunjangan Kehormatan Profesor. Bahasan utama dari Permenristekdikti No. 20 Tahun 2017 adalah tentang “Kewajiban Publikasi Ilmiah Dalam Jurnal Internasional Bereputasi”.

Penelitian yang tidak dipublikasikan akan berakhir di “perpustakaan”, dan tidak memberikan dampak bagi pengembangan ilmu. Disisi lain, Membuat artikel/manuskrip dari hasil penelitian untuk publikasi di jurnal internasional bereputasi seperti yang Terindeks Thomson Reuters / Web Of Science, Dan Scopus, Juga menjadi persoalan sendiri, karena setiap jurnal, setiap penerbit pengindeks memiliki standar dan gaya selingkung sendiri-sendiri.

Menyadari akan hal tersebut maka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Jember Menyelenggarakan “Workshop Publikasi Artikel Di Jurnal Nasional Terakreditasi” Dengan Narasumber Prof. Drs. Slamin.,M.Comp.,Sc.,Ph.D Di Ruang Pertemuan Gedung A Lantai 2 Universitas Muhammadiyah Jember. Menjadi Sebuah kebanggan tersendiri, Manakala Workshop ini diikuti oleh Dosen, tapi juga Dosen Muda yang begitu semangat bergabung menyimak materi, berdiskusi tentang penulisan artikel mulai dari jenis-jenis artikel, teknik membuat artikel, dan mempraktekannya secara langsung.

Menulis karya ilmiah merupakan salah satu tugas utama Dosen sebagai salah satu Tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Karya Ilmiah Dosen yang dimaksud utamanya adalah hasil penelitian ilmiah yang dipublikasikan di Jurnal Ilmiah. Mengapa Harus Publikasi ? Sebagaimana yang disampaikan oleh Prof Slamin, P.Hd dalam Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Nasional Terakreditasi Hari Kamis Kemarin(7/2), Ada beberapa manfaat dengan mempublikasikan karya ilmiah di jurnal ilmiah yakni antara lain 1) Memperoleh Pengakuan Profesional Dari Kalangan Profesinya; 2) Memperdalam Penguaasaaan Ilmu; 3) Memperlancar Peningkatan Karir Akademik; 4) Berpartisipasi Dalam Penyebaran Dan Pengembangan Ilmu; Dan 5) Salah Satu Syarat Penyelesaian Studi Lanjut. Mengingat Kelima Hal Ini Maka Salah Satu Program Kerja Prodi Manajemen Untuk Tahun Akademik 2018/2019 Ini Adalah Menyelenggarakan Workshop Tersebut Untuk Meningkatkan Wawasan, Pengetahuan, Skill Dan Trik Bagi Dosen Untuk Mempublikasikan Hasil Penelitiannya Di Jurnal Nasional Terakreditasi.

Mengapa Harus Jurnal Nasional Terakreditasi? Karena Nilai Publikasi Jurnal Nasional Terakreditasi Pastinya Lebih Tinggi Daripada Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi Sebagaimana Kebijakan Kemenristek Dikti Yang Mengatur Penilaian Jurnal Terakreditasi Dan Bobot Kum Artikel Tersebut Untuk Kebutuhan Peningkatan Jenjang Karir Akademik Dosen. Prof Slamin, P.Hd Menyampaikan Kita Harus Pandai Menilai Kemampuan Menulis Kita Dan Menyesuaikan Dengan Jurnal Yang Akan Dituju Yang Ternyata Ada Enam Tingkatan Jurnal Nasional Terakreditasi Mulai Dari Yang Terendah S6 Sampai Yang Tertinggi S1 Dengan Total Sebanyak 2.275 Jurnal Nasional Yang Telah Terakreditasi.

Dengan Jumlah Sebanyak Ini Tentu Peluang Untuk Artikel Ilmiah Dosen Diterima Cukup Besar. Hal Utama Yang Tentu Harus Diperhatikan Adalah Kenali Jurnalnya, Siapkan Artikelnya Dan Kirim Ke Jurnal Sasaran Kita. Bagaimana Teknisnya ? Prof Slamin Telah Mengupas Tuntas Bagaimana Tips Dan Trik Menulis Artikel Agar Diterima Di Jurnal Tersebut Dalam Workshop Kemarin Yang Dihadiri Dosen FEB UM Jember.

Sementara Itu Pemateri, Workshop Penulisan Artikel oleh Prof Slamin yang sekaligus sebagai reviewer Jurnal Nasional dan Internasional terindkes Scopus, Menyajikan Materi dalam suasana santai tapi tetap serius. Selingan humor yang menjadi penyegar membuat peserta fokus terus memperhatikan, bertanya tentang banyak kepanasaran dalam menulis artikel pendidikan, menjawab dan berpendapat tentang ide-ide cerdas yang mereka miliki dalam membuat artikel. Aturan penulisan untuk artikel yang dibuat peserta diantaranya jenis huruf arial dengan ukuran 11, Margin 4-4-3-3, Spasi 1.5, Paragrap Menjorok, Jumlah Kata Sekitar 500-1500 Kata. Selanjutnya, Jika ada peserta yang membutuhkan bimbingan dalam menyelesaikan artikel, Bisa dilakukan secara Online. Setelah merasa mantap dengan karyanya, peserta dipersilahkan mengirimkan artikelnya ke saya. Hidup Ini Harus Selalu Bermanfaat.Tinggalkan Jejak Dengan Menulis!” Pungkas Bayu.(ADP/BW/MIS)

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi

OffCanfas (ID)