Program Kemitraan Bersama Masyarakat Pujer Bondowoso: Sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteran

Sebagai bagian dari kegiatan catur dharma perguruan tinggi, Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Jember mengharapkan para dosen untuk dapat melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat sesuai dengan bidang keilmuannya. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

Dosen Fakultas Teknik Ir. Suhartinah, M.T bersama Ir. Dewi Lusiana, M.T telah melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat. Dalam program kemitraan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan mitra. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Sukodono Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso, (7/7/2018).

Menurut Ir. Dewi Lusiana, M.T sebaim besar mata pencaharian penduduk Desa Sukodono adalah bertani, dengan ermacam-macam hasil pertanian yang dihasilkan penduduk Desa Sukodono diantaranya adalah ubi Ac putih. Melihat hasil pertanian yang melimpah penulis memberikan solusi dengan menggalakkan lagi Posdaya Masyarakat yang pernah didirikan yang bernama Posdaya Nafiah. Anggota Posdaya Nafiah adalah ibu-ibu Desa Sukodono. Dipilihnya Posdaya Nafiah sebagai mitra untuk menambah pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu untuk menambah peran wanita bagi masyarakat.

Sebagai mitra diberikan Pelatihan kepada ibu-ibu anggota Posdaya Nafiah berjudul Inovasi Produk Ubi Ac Putih menjadi keripik dan cupcake ubi ace putih.

Dipilihnya produk snack karena faktor-faktor seperti tahan lama, rasa yang unik, kerenyahan, harga yang terjangkau, kemasan yang modern, membuat produk snack diminati masyarakat sehingga produk snack mempunyai peluang pasar yang baik. Sedangkan dipilihnya cupcake karena cupcake kue yang juga diminati masyarakat. Dengan toping yang menarik cupcake ubi ini layak untuk dikonsumsi.

Adapun materi yang diberikan saat pelatihan adalah Manajemen Pemasaran, bagaimana menciptakan produk yang mempunyai ciri khas yang nanti akan merupakan keunggulan produk. Kemudian Pengolahan keripik ubi ac putih dengan teknologi mesin vacuum Frying. Dengan menggoreng secara vacuum mempunyai keunggulan menghasilkan keripik ubi yang renyah dan rasa khas ubi tetap terasa. Sehingga ciri khas dan keunggulan keripik ubi ini pada kerenyahan dan rasa ubi tetap terasa. Pada pembuatan cupcake ubi dengan cara memasukkan ubi yang telah dikukus dan dihaluskan kedalam adonan cupcake. Juga diberikan pelatihan cara mengemas keripik yang menarik hingga nanti pemasaran dengan model pemasaran berbasis Teknologi.

Masyarakat yang dinamis mudah tertarik dengan produk-produk unik, maka dengan adanya keripik dengan teknologi vacuum frying dan cupcake ubi ac putih menjadi peluang pasar yang menjanjikan. Serta dapat menjadi ciri khas Desa Sukodono.

Diharapkan dengan diberikan pelatihan ini bisa menambah pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu anggota Posdaya Nafiah sekaligus bisa member solusi bagi petani ubi ace putih untuk memasarkan hasil pertaniannya yaitu ubi ac putih. Juga semoga Demikian pelatihan yang telah dilakukan oleh Dosen Fakultas Teknik UM Jember semoga dapat meningkatkan kesejahteraan mitra.

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi