PENERAPAN MESIN VACUUM FRYING: SOLUSI PRODUKSI OLAHAN SALE DAN KERIPIK PISANG TETAP PRODUKSI SAAT MUSIM PENGHUJAN

Penerapan Mesin Vacuum Frying Pada Ikm Aneka Olahan Pisang Upaya Meningkatkan Pendapatan Eks Karyawan Phk Pt Kertas Leces Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur.

Saat musim hujan kegiatan produksi olahan sale dan keripik pisang secara tradisional tidak bisa dilakukan karena bahan mentah olahan pisang harus dijemur panas matahari selama tiga hari berturut-turut agar mutunya baik. Kondisi ini dialami oleh ibu-ibu istri eks karyawan PHK PT Kertas Leces Probolinggo dalam IKM Faizzah, terutama pada puncak musim hujan bulan Desember hingga Januari. Prakiraan cuaca BMKG Kabupaten Probolinggo bulan Januari 2017 menunjukkan curah hujan tinggi lebih dari 400 mm berlangsung hingga bulan Maret. Berdasarkan latar belakang itulah dosen UM Jember Ibu Trias Setyowati,S.H.,S.E.,MM memberikan solusi atas permasalahan yang dialami oleh para IKM dengan melakukan Penerapan Mesin Vacuum Frying Pada IKM Aneka Olahan Pisang agar produksi tetap berlangsung tidak terkendala dengan cuaca sehingga mampu meningkatkan pendapatan para Eks Karyawan PHK PT Kertas Leces.

Ide kreatif ini diolah dalam sebuah pengabdian masyarakat sebagai bentuk menjalankan tridar¬ma pergu¬ruan tinggi. Dilaksanakan pada 3 September 2018 lalu di Desa Leces Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo acara ini berlangsung dengan baik serta mendapat respon antusias dari para Eks Karyawan PHK PT Kertas Leces. “kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan mesin penggorengan vacuum frying agar mitra tetap bisa produksi dengan mutu baik saat cuaca hujan atau berawan”. Jelas Trias Setyowati,S.H.,S.E.,MM selaku ketua Tum Pengabdian. Dalam penjealasan lain dijelaskan pula bahwa Vacuum frying mampu menggoreng bahan mentah pisang basah menjadi produk sale dan keripik pisang dengan mutu tinggi. Kelebihan metode penggorengan vakum adalah produk tidak gosong, kandungan nutrisi tidak hilang, rasa dan aroma sesuai bahan aslinya, renyah, tidak perlu bahan pengawet dan penambah rasa buatan.

Dalam pengaplikasian program pengabdian ini para Tim Pelaksana melakukan kegiatan berupa pengadaan dan pengujian mesin, pelatihan dan pendampingan produksi, dan sosialisasi. Kegiatan pengadaan dan pengujian mesin vacuum frying sebagai alat penggorengan, dan mesin spinner sebagai alat peniris minyak yang tersisa pada produk sale dan keripik pisang. Kegiatan pelatihan diawali dengan pembuatan dokumen standar operasi prosedur produksi, pelatihan produksi dan pemeliharaan mesin. Kegiatan sosialisasi diberikan kepada mitra agar dapat dilanjutkan dalam kegiatan produksi aneka produk olahan pisang secara mandiri.

“ saya berharap dengan adannya program inovasi ini bisa membantu para IKM (Industri Kecil Menengah) terkhususu pada para IKM bisa lebih berkembang dan mampu meningkatkan ekonomi serta mampu menumbuhkan jiwa entrepreneur”, Jelas Trias.

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi