Keluarga Besar UM Jember, Rayakan Milad UNMUH ke 37 Tahun

Humas UM Jember - Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) menggelar rapat senat dalam peringatan milad ke-37yang diikuti seluruh keluarga besar berserta civitas akademika yang dimulai Orasi Ilmiah oleh 2 Doktor Universitas Muhammadiyah Jember Dr. Dra Juariyah,M.Si (Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi) dan Dr.Abadi Sanosra,SE.,MM. (Dosen Fakultas Ekonomi) serta Hadiah bagi Dosen dan Karyawan Berprestasi yang digelar di Gedung Ahmad Zainuri, Sabtu (2/10).

Turut hadir dalam perayaan ini Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Prof. Dr. Thohir Luth,MA., Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur Ir. Thamhid Masyhudi, Rektor UM Jember Dr. Ir. Muhammad Hazmi,D.E.S.S, Stakeholder dan seluruh Dosen serta Karyawan UM Jember.

Dalam pidatonya Prof. Dr. Thohir Luth menyatakan, Universitas Muhammadiyah Jember tahun ini berbeda dengan Universitas Muhammadiyah Jember tahun lalu, dalam arti berbagai fasilitas baik menyangkut SDM dan meraih bernaung kemana-mana, oleh karena itu tugas BPH UM Jember adalah mendukung seluruh keinginan-keinginan dan potensi potensi besar yang ada didalam Universitas Muhammadiyah Jember. Jika Rektor dan Civitas Akademika mau maju OK jalan, kita pasti mendukung dan mensupport habis-habisan. Dan saya tidak ingin melihat dalam rangka kemajuan dan perkembangan universitas ini.

“ Satu yang saya titip, kita semua adalah satu rumah, satu anggota keluarga tugas kita bagaimana mengantarkan Universitas Muhammadiyah Jember bergaung kemana-mana sehingga menjadi Dakwah dan Syiar Persyarikatan Muhammadiyah. Berbeda pendapat adalah suatu yang wajar, tetapi sesudah mendapat pendapat mari kita duduk bersama untuk memikirkan bagaimana memajukan universitas muhammadiyah jember dalam rangka menyongsong persaingan global. Karena itu dalam usianya yang ke 37 ini mari kita mengambil inspirasi sekaligus mengambil kesadaran baru bahwa universitas muhammadiyah juga akan maju dan selalu bersaing secara sehat, ingat Universitas Muhammadiyah lain di Indonesia termasuk di Jawa Timur termasuk Universitas Universitas Negeri milik pemerintah maupun milik Republik Indonesia, Kuncinya cuma satu Ikhlas , Militansi membangun kesadaran dan maju bersama Persyarikatan Muhammadiyah dibawah komandan Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah ini adalah Rektor Universitas Muhammadiyah Jember.

Bahkan Sekretaris PWM Jawa Timur Ir. Thamhid Masyhudi berharap, UM Jember akan mampu melebarkan kiprah dan melesat ke angkasa. Bukan hanya melesat ke angkasa di jember saja, tapi angkasa yang sudah mendunia yang sudah disampaikan oleh Rektor, kerjasama mulai dari wilayah timur sampai wilayah barat, yang diambil Universitas-Universitas yang sangat terkenal yaitu Monash University di Australia. PWM berharap Universitas Muhammadiyah Jember ini mengikuti jejak saudara-saudaranya yang ada di Jawa Timur yaitu segera memiliki Fakultas Kedokteran. Di Jawa Timur sudah ada UMM dan UM Surabaya yang sudah ada Fakultas Kedokteran dan diseluruh Indonesia sudah ada 12 Fakultas Kedokteran. Beberapa hari yang lalu tepatnya hari selasa Kemenristek menyerahkan satu program studi Jurusan Kedokteran ke UHAMKA Jakarta. Insyaallah di tanggal 14 akan menyerahkan lagi untuk Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta sehingga total Muhammadiyah memiliki 12 Fakultas Kedokteran dan mudah mudahan yang ke 13 Fakultas Kedokteran adalah Unmuh Jember, kita berharap Jawa Timur belahan Timur PTS Fakultas Kedokteran yang belum ada. Kita lihat Rektor sudah memerankan peran yang sudah berkemajuan bagi menata institusi yang ada di kampus ini, untuk segera maju dan melesat, dengan tahapan-tahapan yang sudah disampaikan tadi.

Rektor UM Jember Hazmi menjelaskan, pada milad Universitas Muhammadiyah di UM Jember ini merupakan salah satu bentuk UNMUH Jember terus meneguhkan niatnya dalam membangun visi UNMUH Jember yang tercantum di Statuta untuk di rancang untuk mencapai tahun 2042.

Saat Hazmi menyatakan, di tahun 2042, dulu banyak yang mempersoalkan terlalu lama, mungkin kita tidak bisa menyaksikannya lagi. Tapi itulah perjalanan lembaga kita harus kuat serta jalan Unmuh Jember untuk menuju jalannya sendiri, sehingga dia berbeda dengan perguruan tinggi yang lain. Untuk mencapai visi kita yang pertama itu maka di rancang, 2 rancangan hidup perkembangan Unmuh Jember. RIM 1 di rancang sejak tahun 2012-2030 dan RIM 2 dirancang mulai tahun 2030-2042. RIM 1 di pilah menjadi 3 periode masing-masing 6 tahun yang kita sebut 3 mainstone. Mainstone pertama di mulai tahun 2012-2018 itu kita sebut Teaching University, mainstone kedua mulai tahun 2018-2024 itu kita sebut Pre Research University, dan main stone ketiga tahun 2024-2030 kita sebut Research University. Sehingga setelah 2030 Unmuh Jember mungkin sudah bisa mulai masuk era Inovasi dan Entrepreneur University “jelas Hazmi saat menyampaikan sambutannya.

Sementara itu dengan adanya 2 program studi baru Ekonomi Syariah Islam dan Pendidikan Jasmani Olah Raga, Unmuh Jember mulai membuka bidang yang dibutuhkan oleh masyarakat. Di acara Milad, Unmuh Jember juga memberikan Piagam Penghargaan bagi Dosen dan Karyawan Berprestasi. Dosen Ilmu Sosial diraih oleh Dr. Emy Kholifah,M.Si dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dosen Ilmu Pasti diraih oleh Ir. Oktarina,MP. Dari Fakultas Pertanian. Serta Diploma Berprestasi diberikan pada Diploma Keperawatan dan Karyawan Administrasi diberikan kepada Mufiedah Nur,S.Sos.,M.Si, Kebersihan diberikan pada Muhammad Moela, serta Petugas Keamanan di berikan kepada Muhammad Furqon. (ADP)

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi