Workshop Publikasi Buku Ajar FE UM Jember untuk Peningkatan Publikasi Dosen

UM Jember - Pada dunia akademisi memiliki kemampuan dalam menulis sebuah literature (buku) sebagai media pembelajaran dan pengembangan ilmu di dunia pendidikan merupakan sebuah kewajiban. Tugas seorang pendidik adalah mentransfer ilmu yang dimiliki dengan harapan dapat diimplementasikan dalam perjalanan selama menjadi peserta didik.

Fakultas Ekonomi UM Jember untuk kedua kalinya menyelenggarakan Workshop Penulisan Buku Ajar dan Strategi Publikasi Pada Penerbit Besar, hadir sebagai narasumber yakni Dr. Icuk Rangga Bawono, SH, SE, M.Si, MH, Ak, CA. di Ruang Pertemuan Gedung A Lantai 2 Universitas Muhammadiyah Jember (6/2/2018), narasumber tersebut merupakan dosen Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Penulis sudah mempunyai 14 buku pada penerbit besar dari editor hingga penerjemah, serta adaptor buku Head of Publisthing and Production (HPP) penerbit Salemba Jakarta tahun 2014-2015.

Pada Workshop kali ini merupakan acara tahunan yang juga bekerjasama dengan IAIKPd (Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik) dengan jumlah peserta 80 orang. Peserta Workshop Diantaranya perwakilan Dosen FE Unmuh Jember, UNEJ, Untag Banyuwangi, IKIP PGRI Jember, Universitas Panca Marga Probolinggo, Universitas Islam Jember, STIE Widya Gama Lumajang. ''Kegiatan ini merupakan ajang bagi Dosen perguruan tinggi dalam mengembangkan buku ajar agar dapat di publikasi'', pungkas Ketua Panitia Astrid Maharani,SE.,M.Akun.

Acara Workshop dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Arik Susbiyani,M.M dalam sambutannya mengatakan ''tujuan diselenggarakannya Workshop Penulisan Buku Ajar dan Strategi Jitu Publikasi Pada Penerbit Besar adalah memberikan motivasi bapak dan ibu dosen serta peserta untuk menulis buku ajar yang selanjutnya dapat diterbitkan pada penerbit besar, selain itu juga trik dan tips supaya tulisan buku ajar nantinya dapat diterbitkan dalam penerbit besar seperti Erlangga,Salemba Empat, Andi, dan masih banyak lainnya.”Ujar Dekan Fakultas Ekonomi Unmuh Jember ini”.

Dalam pemaparannya saat workshop Dr. Icuk Rangga Bawono SE,SH, MH M.Si,Ak, CA (Dosen FEB Unsoed) mengatakan, memberikan ilmu kepada peserta didik merupakan keharusan, sebagai Dosen harus memiliki kewajiban untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu bagian dari Tri dharma perguruan tinggi adalah menulis buku. Selain itu pada orientasi pada koin dan poin, dimana poin yang dimaksud merupakan poin KUM dalam angka kredit dosen pada kenaikan pangkat dosen, sedangkan koin pemasukan atas buku yang ditulis di publikasi.

Dengan adanya workshop ini diharapkan dapat memberikan banyak dorongan kepada para dosen untuk lebih meningkatkan kepercayaan diri dalam publikasi publikasi ilmiah yang nantinya akan memberikan dampak nilai akademik yang terus bertambah.

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi