SIAP BAWA PERUBAHAN DENGAN TEMA TAMAN BACAAN MASYARAKAT: KKN UM JEMBER 2018 SITUBOBONDO

Selamat datang KKN 2018 Universitas Muhammadiyah Jember. Saatnya kalian belajar mengabdi kepada masyarakat. KKN atau kepanjangan dari kuliah kerja nyata merupakan aktivitas yang memiliki fungsi ganda bagi mahasiswa. Fungsi yang pertama dari KKN adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar bekerja secara interdisipliner dan belajar secara langsung bersama masyarakat dalam mengenali berbagai persoalan masyarakat dengan berbagai dinamika dan solusi alternatifnya. Fungsi kedua KKN adalah berfungsi untuk membantu masyarakat dalam rangka mempercepat proses pembangunan.

Senin 12/1/2018 bertempat digedung A Zaenuri LPPM (Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat) UM Jember menyelenggarakan pembekalan KKN gelombang satu 2018. Pada tahun 2018 KKN UM Jember mengusung tema “Taman Bacaan Masyarakat (Tematik) dengan harapan mampu menumbuhkan minat literasi masyarakat secara umum”, terang Dr Nurul Qomariyah MM selaku ketua LPPM. “kami harapkan nanti saat pelaksanaan KKN dimasing-masing kelompok dapat mendirikan ruang baca untuk masyarakat”, imbuhnya dalam sambutan. Total jumlah mahasiswa KKN UM Jember pada gelombang satu ditahun 2018 ini berjumlah 986 mahasiswa yang terdiri dari berbagai fakultas . Dari total peserta KKN 2018 dibagi menjadi 49 kelompok yang disebar dibeberapa kecamatan yang ada di situbondo. KKN 2018 gelombang satu UM Jember dilaksanakan pada awal bulan februari dan berakhir sampai awal bulan maret 2018.

Dengan adannya kegiatan KKN diharapkan mahasiswa memperoleh manfaat diantarannya sebagai sarana mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh dibangku kuliah, sebagai wahana untuk berlatih hidup bermasyarakat dan berlatih menyelesaikan permasalahan yang timbul di masyarakat. Selain itu juga sebagai sarana untuk berlatih bagi mahasiswa agar dapat berperan sebagai innovator dan motivator pembangunan utamanya dipedasaan.

“dalam rangka KKN diharapkan dapat memberikan motivasi perubahan pada masyarakat sehingga mampu memberi pencerahan untuk berkembang dan lebih baik”. Tegas Dr Nurul Qomariyah MM selaku ketua LPPM. Semoga sukses. (Ai).

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi