Sejarah

um-jember-lama.jpg
Tanggal Berdiri : 11 Maret 1981
Pendiri : Persyarikatan Muhammadiyah

Universitas Muhammadiyah Jember merupakan salah satu Perguruan Tinggi milik Persyarikatan Muhammadiyah. Awal mula berdirinya pada 11 Maret 1981 yang  diprakarsai oleh Tokoh Muhammadiyah dan warga Muhammadiyah di Jember, sedang berdasarkan Piagam Pendirian Perguruan Tinggi Muhammadiyah Nomor : 047/III-JTM.81/81 diresmikan tertanggal 1 September 1981 dan disetujui oleh Pemerintah berdasar Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor :0172/Q/1982 pada 10 Mei 1982.

Pada awal pendiriannya, pendidikan yang diselenggarakan adalah Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Fakultas Pertanian. Masing-masing mendapatkan status Terdaftar dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Dalam rangka memenuhi permintaan masyarakat, pada 1982 dibuka Fakultas Ekonomi. Selanjutnya pada tahun 1983 dibuka Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Pada tahun 1984 dibuka Fakultas Teknik. Dengan demikian pada saat berusia 3 tahun Universitas Muhammadiyah Jember memiliki 6 fakultas.

Dalam rangka peningkatan kualitas, maka perhatian dipusatkan pada pembinaan akademik, sarana dan prasarana, laboratorium, dan perpustakaan. Untuk meningkatkan kualitas tenaga pengajar, telah ditempuh upaya mendorong dan menugaskan dosen untuk menempuh pendidikan lanjutan pada Program Pendidikan S2 dan S3, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain mengembangkan fakultas-fakultas yang ada, Universitas Muhammadiyah Jember juga mengembangkan program diploma dengan mendirikan akademi. Pada tahun 1993 dibuka Akademi Keperawatan Muhammadiyah Jember untuk jenjang pendidikan Diploma III, yang kemudian mendapatkan akreditasi dengan nilai B dari Departemen Kesehatan.Pada tahun 1998 dibuka pula Akademi Pariwisata Muhammadiyah Jember untuk jenjang pendidikan Diploma III dan Diploma I, program studi Perhotelan. Tahun 2000 dibuka Fakultas Psikologi jenjang pendidikan S1, serta program studi Manajemen Informatika jenjang Diploma III di bawah naungan Fakultas Teknik.

Berikutnya, pada tahun 2001 dibuka program studi Ilmu Komunikasi di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Pada tahun 2005 dibuka Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam, yang merupakan program studi bidang ilmu Agama Islam pertama dan satu-satunya yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Jember, yang nantinya dikelola di bawah payung Fakultas Agama Islam. Program studi PAI berada dalam binaan Kementerian Agama dalam koordinasi Kopertais Wilayah IV. Pada tahun 2006 dibuka Program Studi S1 Ilmu Keperawatan. Dengan dibukanya program studi ini maka dilakukan penggabungan dan peleburan Akademi Keperawatan Muhammadiyah Jember menjadi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember. Pada tahun 2008 telah diperoleh ijin operasional untuk penyelenggaraan Program Studi S1 Teknik Informatika pada Fakultas Teknik. Pada tahun 2008 juga telah diperoleh ijin operasional untuk penyelenggaraan Program Studi Magister (S2) Ilmu Manajemen. Sehubungan dengan terbitnya PP nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, maka sejak tahun akademik 2007/2008 dibuka jenjang S1 Prodi PG-PAUD dan pada tahun 2009/2010 penyelenggaraan jenjang Diploma Prodi PGTK berakhir. Universitas Muhammadiyah Jember saat ini memiliki 8 fakultas di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang terdiri dari 18 program Sarjana (S1) dan 2 program studi Diploma (D-III), 1 program Pascasarjana (S2), serta 1 fakultas di bawah Kementerian Agama dengan 1 program studi (Pendidikan Agama Islam), serta 1 akademi yaitu Akademi Pariwisata dengan program studi D3 Perhotelan.

Search