Penerapan Teknologi Mesin Separator Wujudkan Industri Ramah Lingkungan Melalui Diversifikasi Aneka Olahan Pangan Limbah Ampas Tahu

Salah satu tugas dosen yaitu pengabdian kepada masyarakat. Tim Pelaksana PKM yang diketuai oleh Nely Ana Mufarida, ST.,MT., dosen Program Studi Teknik Mesin melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dibiayai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Tim Pelaksana bekerjama dengan institusi mitra yaitu UD. Arya Jaya dan Kelompok Ibu-Ibu rumah Tangga.

UD. Arya Jaya merupakan usaha dagang yang bergerak dalam bidang pembuatan tahu. UD. Arya Jaya mulai beroperasi pada tahun 2003. UD. Arya Jaya berada di Kampung Bukkolan RT.01 RW.01 Desa Paowan Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo.

Industri tahu merupakan salah satu penghasil limbah yang cukup besar karena ampas tahu yang terbentuk besarannya berkisar antara 25-35% dari produk tahu yang dihasilkan. Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang ampas tahu menjadikan ampas tahu nyaris tidak terpakai, bahkan dibuang tanpa mengetahui bahwa ampas tahu masih memiliki kandungan gizi yang tinggi, selain itu juga harganya relatif lebih murah dan mudah didapat. Dengan adanya kerja sama antara UD. Arya Jaya selaku penyedia ampas tahu dan Kelompok Ibu-Ibu rumah Tangga sebagai pembuat diversifikasi aneka olahan makanan dan sebagai pengelola unit usaha pada aspek keuangan sekaligus pemasaran berbasis teknologi infomasi (media sosial) diharapkan akan mengguntungkan kedua belah pihak.

Target akhir yang akan dicapai adalah terbentuknya unit usaha aneka olahan pangan dengan menggunakan mesin separator, serta manajemen pemasaran dengan bantuan teknologi informasi (media sosial).

Kontribusi mendasar pada khalayak sasaran adalah para ibu-ibu rumah tangga mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru mengenai pembuatan diversifikasi aneka olahan produk ampas tahu dan mendapatkan penghasilan lebih dari produk aneka olahan ampas tahu. Selain itu juga, para ibu-ibu rumah tangga akan mendapatkan pemasukan dari kegiatan ekonomi kreatif demi bergeraknya roda perekonomian yang berdampak langsung bagi masyarakat, khususnya keluarga.

Search