Previous Next

Dukung Perbaikan Irigasi, Mahasiswa KKN Unmuh Jember Lakukan Edukasi Melalui Sosialisasi Pembuatan Pintu Air dari Beton di Desa Klatakan

 

Klatakan, Tanggul Jember- Mahasiswa KKN Tematik Unmuh Jember mengajak Kepala Dusun beserta Petani untuk berpartisipasi pada kegiatan sosialisasi pembuatan pintu air irigasi dari beton. Sosialisasi ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pintu air dalam mengatur aliran air dan menjaga keamanan serta kesejahteraan lingkungan sekitar.

 

Acara diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Ali Wafa yang memberikan pengarahan dan dukungan dalam kegiatan ini. Kegiatan yang berlangsung kurang lebih selama 1 jam 30 menit yang dipandu oleh mahasiswa teknik sipil. Mereka mengatakan, acara ini diadakan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa terhadap irigasi air di Desa Klatakan.

 

Sosialisasi diadakan pada tanggal 08 Maret 2024 bertempat di Balai Desa Klatakan, Kecamatan Tanggul, Jember. Kegiatan berlangsung cukup lancar dan diterima oleh Kepala Dusun dan perwakilan petani. Salah satu mahasiswa teknik sipil mengatakan akan memberikan inovasi untuk pembuatan pintu irigasi air dari beton bertulang galvalum selain itu mereka menyebutkan bahwa perawatan berbahan galvalum lebih mudah dan hemat biaya. Maka dari itu dengan diadakannya sosialisasi ini dapat membantu warga desa klatakan kecamatan Tanggul  dan mengatasi masalah yang ada melalui inovasi pintu air irigasi dari beton.

 

Saiful sebagai perwakilan petani berharap dengan diadakannya acara ini, petani serta warga desa Klatakan kecamatan Tanggul mendapatkan informasi yang berguna dalam mengembangkan inovasi di bidang irigasi air.

 

Search