Previous Next

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di PonPes Tahfidz Bersama Mahasiswa KKN PondokJoyo

Semboro, Jember – Rabu, 06 Maret 2024, Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) PondokJoyo dari Universitas Muhammadiyah Jember melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini merupakan salah satu proker (program kerja) yang diusung oleh mahasiswa KKN.

Kegiatan sosialisasi ini di lakukan secara terpisah antara pondok pesantren putri dan putra. Fokus pembahasan yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi PHBS ini adalah bagaimana cara untuk hidup bersih dan sehat agar terhindar dari beberapa penyakit kulit seperti halnya, Scabies, Bisul, dan Panu.

Tidak hanya itu, tetapi mahasiswa KKN juga memberikan pemaparan mengenai kebersihan gigi dan mulut serta mencuci tangan dengan benar.

Sosialisasi ini berlangsung dengan suasana penuh semangat dan kecerian yang dirasakan oleh para santri dan santriwati. Seperti halnya yang disampaikan oleh salah satu santri.

”Sakit gatal-gatal itu cukup sering kami rasakan dikalangan santri yang menetap di pondok, jadi kegiatan sosialisasi ini cukup membantu untuk teman teman menjaga kebersihannya agar terhindar dari rasa sakit, jadi kegiatan pondok pesantren berjalan tanpa hambatan” – terang Farid (17).

Upaya kolabarasi mahasiswa KKN dengan pengurus pondok pesantren memberikan arah positif untuk menjaga kehidupan lebih bersih dan sehat di lingkungan pondok.

Search