Previous Next

Lejitkan UMKM Tape Singkong Melalui Program KKN Unmuh Jember

Jember (1/03/2024) – Nomor Induk Usaha adalah identitas izin usaha yang diterbitkan lembaga OSS (Online Single Submission).

Pasca pandemi, Universitas Muhammadiyah Jember menjadikan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam membantu pengembangan para pelaku usaha UMKM melalui pendampingan NIB dan sertifikasi halal. Pada kegiatan KKN tahun 2024, Universitas Muhammadiyah Jember mengangkat tema “Penguatan UMKM Pasca Pandemi”.

Pada KKN kali ini Kelompok 5 melakukan survei UMKM di beberapa dusun Desa Pondok Dalem salah satunya adalah UMKM tape singkong yang di produksi di  dusun Bangkalan, Desa Pondok Dalem, Kec. Semboro, Jember. Pemilik UMKM tape singkong tersebut bernama Pak Matrai atau yang lebih dikenal Pak Jum.

Pak Jum memulai usahanya pada tahun 1975. Usaha tersebut merupakan usaha turun temurun. Usaha Tape singkong Pak Jum lebih dikenal dengan Tape Pak Lewo. Selain itu, Pak Jum melakukan kerjasama dengan pembuat Suwar Suwir Tape dengan berbagai rasa. “Ollena sabhulen sajuta lemaratos” ucap Pak Jum.
(Penghasilan sebulan satu juta lima ratus).

“Biasaen kuleh ajuwel neng pasar Semboro bik blinjoan” ucap Pak Jum.

(Biasanya saya menjual di pasar semboro dan pedagang sayur keliling).

Sesuai tema program kerja pengembangan UMKM mahasiswa KKN kelompok 5 membantu pak Jum dengan mendampingi pendaftaran NIB, merek dagang, dan sertifikasi halal. Hal ini diterima baik dari pelaku UMKM.

Selain itu, mahasiswa kelompok 5 membantu usaha pak Jum dengan pembuatan desain banner dan membuatkan lokasi UMKM di Google Maps yang bertujuan agar konsumen lebih mengetahui usaha tape pak Jum. Pak Jum meminta merek tape singkongnya dinamai dengan “Tape Legi Pak Lewo” yang diberikan slogan “Tapene pak lewo ngrenyeng koyok gulo”.

Pendampingan UMKM ini mendapatkan respon yang positif. Pak Jum merasa terbantu dengan adanya mahasiswa KKN UNMUH JEMBER yang telah membantu pembuatan banner dan membuatkan lokasi UMKM di Google Maps untuk meningkatkan penjualan produk. Harapannya kegiatan ini dapat memotivasi para pelaku UMKM agar mendaftarkan usahanya agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat.

Search