Previous Next

KKN 08 UM Jember dampingi UMKM Membuat NIB dan Sertifikasi Halal di Desa Tempeh Kidul

 

Kelompok kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Jember di desa Tempeh Kidul, Tempeh, Kabupaten Lumajang melakukan pendampingan UMKM dalam pembuatan NIB dan Sertifikasi Halal.

 

“Hasil survey yang sudah dilakukan, mayoritas UMKM di Desa Tempeh Kidul tidak memiliki NIB dan sertifikasi halal karena kurangnya pengetahuan dan wawasan masyarakat akan pentingnya dua hal tersebut.” Ungkap koordinator desa kelompok KKN 08 desa Tempeh Kidul Sofyan Hidayatullah di Lumajang, Minggu (20/8/2023).

 

Berdasarkan permasalahan yang dialami UMKM terutama dalam pembuatan NIB dan sertifikasi halal adalah proses pendaftaran yang belom diketahui masyarakat terutama pelaku UMKM. Di desa tempeh kidul pelaku UMKM sangat beragam seperti pengerajin topi, pembuatan batu batako, dan pengerajin ban. Selain itu, UMKM makanan dan minuman seperti produksi tempe, tahu, kripik pisang, kripik kuping gajah, dan jamu tradisional.

 

“Salah satu contohnya keuntungan dari NIB, usaha yg dirintis akan memiliki legalitas dan memudahkan untuk mengakses hal-hal yang terkait di bidang administratif, sedangkan serfitikasi halal akan mendorong kepercayaan konsumen, meningkatkan mangsa pasar dan memperkuat daya saing dalam bisnis.” Tambah koordinator desa kelompok KKN 08 desa Tempeh Kidul Sofyan Hidayatullah di Lumajang, Minggu (20/8/2023).

 

Dengan hal tersebut, sofyan dengan delapan belas anggota kelompok KKN 08 desa Tempeh Kidul menggandeng perangkat desa tempeh kidul untuk berkolaborasi memberikan solusi bagi UMKM di desa Tempeh Kidul.

 

“Pendampingan yang dilakukan ini cukup menarik dan tentu sangat membantu bagi masyarakat. Harapan saya ya semoga masyarakat dapat menerima, mengikuti dan melanjutkan sehingga masyarakat dapat sadar pentingnya pelabelan, legalitas, dan sertifikasi halal” Ungkap kepala desa Tempeh Kidul bapak Suyoto, Minggu (20/8/2023).

 

 

Search